Etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai teknik belajar matematika

Titik Rohmatin

Abstract


Tujuan  dari penelitian  ini  adalah menggali  unsur  etnomatematika  permainan  tradisional  congklak  yang kemudian menerapkannya sebagai teknik belajar matematika. congklak merupakan permainan tradisional yang  telah  tersebar  di  masyarakat,  yang  memiliki  banyak  manfaat  dalam  matematika.  penelitian  ini menggunakan  jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan  etnografi, dalam  hal  ini peneliti melakukan pengamatan  dan  wawancara  serta  studi  literatur  yang  berkaitan  dengan  permainan  congklak.  Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan mendeskripsikan bagaimana proses permainan dan manfaat dalam permainan congklak serta unsur etnomatematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etnomatematika dalam permainan congklak dapat melatih kemampuan berpikir (kognitif), kemampuan berhitung, mengasah keterampilan sosial, dan dapat melatih anak dalam bersikap jujur dan sportif.


Keywords


Pendidikan; Kurikulum; Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Berpikir, K., & Siswa, K. (n.d.). 3 1,2,3.

Fathani. (2009). No Title. In Matematika:Hakikat dan Logika (p. 87). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Febriyanti, C., Kencanawaty, G., Irawan, A., Informatika, S., Timur, J., & Kunci, K. (2019). Etnomatematika permainan kelereng. 7(1), 32–40.

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). ENGKLEK DAN GASING KHAS KEBUDAYAAN SUNDA ETHNOMATHEMATICS OF TRADITIONAL GAMES “ ENGKLEK AND GASING ” OF SUNDA CULTURE. 12, 1–6. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358

Johnson, D. W. & Johnson, F. P. (2000). Joining together: group theory and group skill. New York: Pearson Education Company.

Juventia, E., Luckrista, A., Komalasari, D., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). Pengaruh permainan kayu malele terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak.

Lindung, I. H., & Setiyowati, R. (2017). PERKALIAN MENGGUNAKAN MEDIA SISWA KELAS II SD NEGERI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR PERKALIAN MENGGUNAKAN MEDIA SISWA KELAS II SD NEGERI 182 / I HUTAN LINDUNG. 1–14.

Mulyani. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia (pp. 47–48). Yogyakarta: Diva Press.

Nataliya, P., Psikologi, F., & Malang, U. M. (2015). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. 03(02), 343–358.

Padang, U. N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. 2–5.

Siswa, S. (2017). No Title. 2(1), 62–82.

Sumber, S., Matematika, B., & Jenjang, P. (2017). Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR” Vol. IV No. 1 Januari 2017. IV(1).

Tandililing, E., & Belakang, L. (2013). DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN. (1992), 978–979.

Wahyuni. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). P – 15 peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. (November), 978–979.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.