Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan upaya peningkatan kinerja guru Melalui In House Training (IHT) berbantuan supervisi klinis di SD Negeri 3 Wonodadi Ngrayun Ponorogo. Pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (School action research) yang dikenal dengan PTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan In House Traning, diperoleh hasil nilai rata-rata dari seluruh indikator yang ada pada siklus I mendapat kan nilai 61,21, dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai 67,52 dengan kriteria baik, hal ini terjadi kenaikan sebanyak 6,21 point. (2) Peningkatan kinerja Guru diperoleh hasil (a) aspek pedagogik, dilihat dari nilai rata-rata diperoleh hasil pada siklus I nilai rata-rata adalah 79,87, dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan 85,52 dengan kriteria sangat baik, hal in terjadi kenaikan nilai sebanyak 5,56. (b) Aspek Kepribadian, dilihat dari nilai rata-rata diperoleh hasil pada siklus I mendapatkan nilai78,19, dengan kriteria baik, sedangkan siklus II mendapatkan nilai 83,75 dengan kriteria sangat baik, hal ini terjadi kenaikan sebanyak 5,56. (c) Aspek sosial nilai rata-rata pada siklus I sebanyak 79,17 dengan criteria baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai sebanyak 87,67, dengan kriteria sangat baik, hal ini terjadi kenaikan sebanyak 8,51. (d) aspek profesional diperoleh hasil nilai rata-rata pada siklus I sebanyak 77,26 dengan kriteria baik, sedngkan pada siklus II mendapatkan nilai sebanyak 83,51, dengan kriteria sangat baik, hal ini terjadi kenaikan sebanyak 6,25.
Keywords
Kinerja Guru; In House Training; Supervisi Klinis
References
Alwi, S. (2001) ‘Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Keunggulan Kompetitif’, Yogyakarta: BPFE.
Azhar, A. (2011) ‘Media pembelajaran’, Jakarta: Rajawali Pers.
Budiwibowo, S. S. (2018) ‘Manajemen Pendidikan’, Penerbit ANDI: Yogyakarta.
Hosnan, M. (2014) Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.
Indonesia, R. (2007) ‘Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru’, Sekretariat Negara. Jakarta.
Kemendikbud, R. I. (2012) ‘Panduan Umum Kurikulum 2013’, Kemendikbud RI.
Moleong, L. J. (2019) ‘Metodologi penelitian kualitatif’. Remaja Rosdakarya.
Mufidah, L. N. (2009) ‘Supervisi pendidikan’, Yogyakarta: Teras, p. h29.
Mulyasa, E. (2012) ‘Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah’, Jakarta: Bumi Aksara.
PMPTK, D. (2008) ‘Penilaian kinerja guru’, Jakarta: Depdikanas.
Siringoringo, R. H. and Madya, W. (2012) ‘Manajemen proses inovasi’, Pusdiklatwas BPKP.
Sukmadinata, N. S. (2006) ‘Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah’, Bandung: Refika Aditama.