Analisis tingkat kedisiplinan belajar siswa di MIN 1 Kota Madiun

Melathi Oktaviane, Sri Budyartati, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas V di MIN 1 Kota Madiun. Dalam penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pelanggaran kedisiplinan belajar yang dilakukan oleh siswa selama ia mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek yaitu siswa kelas V MIN 1 Kota Madiun. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi metode. Dari hasil penelitian, bisa di simpulkan bahwa terjadi adanya beberapa pelanggaran mengenai kedisiplinan belajar di kelas V MIN 1 Kota Madiun diantaranya ramai di kelas, mengganggu siswa lain pada saat pelajaran berlangsung, tidak memperhatikan saat pelajaran berlangsung, dan keluar masuk kelas tanpa ijin. Adapun faktor penyebab terjadinya kedisiplinan belajar yaitu siswa mengulangi pelanggaran yang sama meskipun sudah ditegur oleh gurunya. Adapun upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar diantaranya melaksanakan peraturan kelas, memberi hukuman/sanksi kepada siswa yang melanggar, dan memberi keteladanan kepada siswa

Keywords


kedisiplinan belajar

Full Text:

PDF

References


Buchari Alma, dkk. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta

Dolet Unaradjan. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: PT. Grasindo

Hurlock, E. B. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga

Maman Rachman. 1997. Manajemen Kelas. Semarang: Departemen Pendidikan

Maria J. Wantah. 2005. Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Salam & Anggraini. 2018. Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 55/I Sridadi. Diakses dari http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala pada tanggal 1 Juni 2018

Santrock, J.W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rosdakarya

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.