Analisis buku siswa pada tematik integratif ditinjau dari aspek berpikir kritis

Oktavia Nurdiyanti, Sri Budyartati, Dewi Tryanasari

Abstract


PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan berpikir kritis yang ada dalam buku siswa tematik integratif kelas V semester 2 yang secara khusus disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Penelitian ini menganalisis setiap buku tema melalui tahap analisis dokumen dan wawancara ahli literasi kritis. Aspek berpikir kritis meliputi interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, kemampuan menjelaskan, dan self regulation. Pada tahap interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi menunjukkan bahwa terdapat aspek tersebut dari keempat buku tematik integratif Kurikulum 2013. Sehingga, buku siswa tematik integratif kelas V semester 2 dapat digunakan dalam pembelajaran.  Namun, dengan catatan pembelajaran dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dengan cara guru merancangan pembelajaran yang dikreasikan agar memberikan wawasan untuk siswa berpikir tingkat tinggi melalui aspek kemampuan menjelaskan dan self regulation. Dari hasil tersebut peneliti mengharapkan buku tematik integratif Kurikulum 2013 kelas V semester 2 dalam perencanaaan dan pembuatan dikembangkan lebih layak lagi supaya mencapai kompetansi berpikir tingkat tinggi.

Keywords


Buku Teks; Tematik Integratif Kurikulum 2013; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


As’ari, A. R., Hidayanti, D., Daniel, T. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IXpada Materi Kesebangunan. ISSN: 2502-6526 Jurnal Pendidikan.

Darwati. (2010). Pemanfaatan Buku Teks oleh Guru dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri Kabupaten Semarang). Jurnal Penelitian.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis dan PBL. Surabaya. Media Sahabat Cendekia.

Mulyasa, E. (2013) Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nelson, C., Fetherston, C.M., McMurray, A., & Fetherston, T. (2013). Creative Arts: An Essential Element in the Teacher’s Toolkit When Developing Critical Thinking in Children. Jurnal Pendidikan Guru Australia.

Wardani, I.K. & Widiyana, G.T. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Saintifik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.