Penilaian diri pada pembelajaran matematika dengan media dakon pada siswa kelas IV di SDN 01 Nambangan Lor

Dwi Damayanti, Sri Budyartati, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui penilaian diri pada pembelajaran matematika dengan media dakon pada siswa kelas IV di SDN 01 Nambangan Lor. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah 21 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyelesaian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua data yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika menggunakan media dakon cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika dan dengan adanya lembar angket penilaian diri dapat disimpulkan siswa dalam pembelajaran matematika dengan media dakon membuat siswa lebih memahami materi, lebih aktif, tidak membosankan, dan tidak mengalami kesulitan saat proses pembeajaran dengan media dakon.

Keywords


Penilaian Diri; Pembelajaran Matematika; Media Dakon

Full Text:

PDF

References


Apipah, S. & Kartono.(2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 6(2), 148-156.

Prayitno Lia Lydia. (2014). Permainan Congklak Untuk Mengajarkan Operasi Penjumlahan di Sekolah Dasar (online). Surabaya: FKIP. Universitas PGRI Adi Buana.

Sani, A.R., Manurung R.S, Suswanto H., & Sudiran (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ulya Himmatul. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Kudus: FKIP. Universitas Muria Kudus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.