Pengaruh E-Learning Berbasis Web terhadap minat belajar anak sekolah dasar

Riko Vindi Pamungkas

Abstract


Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh E-Learning Berbasis Web terhadap minat belajar anak sekolah dasar di SDN Bangunsari tahun 2020. Pembelajaran elektronik atau biasa disebut dengan istilah e-learning (electronic learning) adalah sistem pembelajaran memanfaatkan media elektronik sebagai alat untuk membantu kegiatan pembelajaran. E-learning sendiri adalah salah satu bentuk dari konsep Distance Learning. Bentuk e-learning sendiri cukup luas, sebuah portal yang berisi informasi ilmu pengetahuan sudah dapat dikatakan sebagai situs e-learningDesain dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Desain ini mempunyai kelompok control, tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variable variable luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Bangunsari 1. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN Bangunsari 1 yang berjumlah 36 Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisa data yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan ada pengaruh e-learning berbasis web terhadap minat belajar anak sekolah dasar. Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung = 11.14. Hasil perhitungan ini kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2.10 untuk α 5% dengan dk= 17, apabila thitung=  11.14 > ttabel= 2.10  maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Full Text:

PDF

References


Babo, MR. (2016). Pembelajaran Berbasis Web.

Basuki, TA dan Prawoto, Nano. (2016). “Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis”. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Fauziah, Amni. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang.

Hartanto, Wiwin. (2015). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran.

Nurhasanah, Siti. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa(Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes).

Muhammad Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran.

Rahmatia, Maya (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 20 Banda Aceh.

Sari, HV. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan.

Sudjana. (2003). “Metode Statiska”. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. (2009). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD”. Bandung : ALFABETA,cv.

Suwarto, WA dan Slamet. (2007). “Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif”. Surakarta : UPT Penerbitan dan Percetakan UNS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.