Peran guru dalam membangun pola pikir kritis anak melalui pendekatan scientific bermetode group investigation di SDN 02 Manisrejo Kota Madiun

Galih Kurnia Pratama

Abstract


Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode group investigation yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada penulisan skripsi ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif, penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Penelitian ini mengambil data dari peran guru dalam membangun pola pikir kritis anak melalui pendekatan scientific bermetode group investigation di sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisa data yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan terdapat peran guru kelas dalam membangun pola pikir kritis anak melalui pendekatan scientific bermetode group investigation, hal ini dapat diketahui dari peran guru ketika berada dalam proses pembelajaran, guru menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkandengan menggunakan; metode-metode pembelajaran meliputi metode ceramah; card sort; reading guide, setting kelas untuk mengatur proses belajar meliputi kelas tradisional; berbentuk lingkaran; berbentuk regu, berbentuk huruf U. Selain itumemberi reward berupa pujian; memberikan nilai kepada peserta didik yang aktif dalam pembelajaran, memberi punishment berupa memindahkan posisi duduk; berdiri di depan kelas kepada siswa yang tidak tertib ketika proses pembelajaran berlangsung.

Keywords


Pola Pikir Kritis; Scientific Bermetode Group Investigation

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:PT RINEKA CIPTA.

Abdurrahman, M. (2017). Pendekatan Scientific dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran PKN Kelas Iv SDN 56 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Elsap, D. S. (2018). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI PENDIDIKAN NON FORMAL. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(2), 86

Juwariah, N., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2017). Pola Pikir (Mindset) Guru dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(4). 419

Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1). 91

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2),155

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. KadikmA, 7(1), 85

Siswati, S., Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 2

Susilaningrum, E. S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Scientific Bermetode Group Investigation pada Siswa Kelas Vc SD Bantul Timur. Skipsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiono.(2019).METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN(Research and Development/R&D).Bandung:ALFABETA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.