Strategi pembelajaran afektif dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa kelas 4 SDN Kledokan 1 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun ajaran 2019/2020

Dewi Ambarsari, Sri Budyartati, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Strategi pembelajaran merupakan perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai pendidikan tetentu. Sesuai dengan perkembangan zaman , kini pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar dan memaparkan suatu pelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari penerapan strategi pembelajaran afektif dalam membentuk karakter siswa kelas 4 SD dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penggunaan strategi afektif dalam membentuk karakter bertanggung jawab bagi siswa kelas 4 di SDN Kledokan 1 kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari dokumen Sekolah Dasar yang mendukung berjalannya penelitian, observasi, angket pengetahuan siswa tentang strategi pembelajaran. Hasil wawancara, serta dilengkapi dengan analisis data tentang strategi pembelajaran afektif untuk membentuk karakter bertanggung jawab.

Keywords


Strategi Pembelajaran; Karakter Bertanggung jawab

Full Text:

PDF

References


Djaali., dkk. Pengukuran dalam Pendidikan. Jakarta : Program Pascasarjana,2000.

Hamruni, Strategi dan model-model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009).

Hanafiyah Nanang dan Cucu Syuhada, Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT Refika Aditama,2012).

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung, Penerbit Alfabeta,2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.