Peningkatan kemampuan membaca permulan melalui vidio animasi pada siswa kelas I SDN 02 Pangongangan

Ahmad Nur Kasan, Sri Budyartati, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui vidio animasi pada siswa kelas I SDN 02 Pangongangan Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi yang dilakukan sebanyak Dua siklus, Dengan subyek penelitian kelas 1 yang  berjumlah 27 anak, yang terdiri dari 15 anak laki- laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pengamatan/observasi dan dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisi data ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberasilan siswa yang harus dicapai dalam rata- rata  kelas adalah 75 dan ketuntasannya 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belajar membaca permulaan melalui vidio animasi dapan meninggakatkan membaca pada siswa kelas I SDN 02 Pangongangan Kota Madiun. Pada pratindakan dengan presentase rata-rata kelompok sejumlah 41%, naik pada siklus I sebesar 8% menjadi 49% dan pada siklus II naik sebesar 37% menjadi 86%. Adapun media yang digiunakan dalam penelitian ini yakni media animasi dalam bentuk CD iteraktif Abacada Cerdas Belajar Baca.

Keywords


Membaca Permulaan; Vidio/ Media Animasi

Full Text:

PDF

References


Budyartati, S. (2014). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Deepublish.

Farida Rahim. (2007). Dasar Pengajaran membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1).

Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17-48.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi GP. Press Group.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69-76.

Samsiyah, N., Sari, A. K., & Sulistyaningrum, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa Siswa Kelas I Sdn Bulakrejo Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(02).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.