Efektivitas model pembelajaran pbl (problem based learning) terhadap hasil belajar IPA kelas III pada materi perubahan cuaca di SDN 02 Manisrejo kota Madiun tahun ajaran 2019/2020

Sinta Fitriani, Sri Budyartati, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan keefektifan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi Perubahan Cuaca pada siswa kelas III di SDN 02 Manisrejo Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen denngan design penelitian True Experimental dengan jenis penelitian Design posttest Only Control design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SDN 02 Manisrejo Kota Madiun dengan total ada 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dari cara tersebut, diperoleh sampel yang berjumlah 20 siswa IIIA SDN 02 Manisrejo sebagai kelas eksperimen dan berjumlah 20 siswa IIIB SDN 02 Manisrejo sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis dengan skala liliefors

Keywords


Problem Based Learning; Learning Outcomes; Natural Sciences

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiyono.(2013). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Dewi, N. L. K. L., Suwatra, I. I. W., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 Di SD Segugus 1 Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1); 1-11.

Oktaviani, L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1); 1-11.

Sugiyono¬. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.