Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis ethonamtematika budaya jawa untuk siswa sekolah dasar

Shenia Cahyawati Ananstasia, Sri Budyartati, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Matematika adalah mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa karena didalam pembelajaran matematika siswa diajarkan untuk berfikir kritis, logis dan sistematis. Namun masih banyak siswa yang tidak menyukai matematika karena menurut mereka matematika adalah mata pelajaran yang sangat sulit, tidak menyenangkan dan membosankan. Padahal seharusnya matematika adalah mata pelajaran yang menyenangkan. Dari permasalahan diatas peneliti mengembangan LKS Berbasis Etnomatematika Budaya Jawa yang isinya tentang materi kebudayaan lokal yang dikaitkan dengan materi matematika volume bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Budaya Jawa untuk sekolah dasar yang memenuhi kriteria layak berdasarkan penilian pakar/ahli. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu pengembangan (research and development) dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi, terdiri dari tahap (1) Pendefisian (define) (2) perancangan (design) (3) Pengembangan (develop). Pengumpulan data menggunakan angket, instrument penelitian berupa lembar validasi yang diidi oleh validator untuk menilai kelayakan LKS Etnomatematika. Hasil penilian validator ahli bahasa mendapatkan skor rata-rata 3, validator ahli media dengan rata-rata 3,25 dan validator ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,54. Artinya bahwa LKS Etnomatematika Budaya Jawa yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat layak sesuai kriteria yang ditetapkan.

Keywords


Pengembangan; LKS; Etnomatematika; Budaya Jawa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, F., & Hiltrimartin, C. (2011). Pengembangan LKS untuk metode penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 129-144.

Afriyanti, I. (2015). Efektivitas Pembelajaran DBL Berbasis Identifikasi dan Analisis Kebutuhan Alat Peraga di Kelas VIII terhadap Kemampuan Penalaran pada Materi Geometri (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88-92.

Albanese, V., & Perales Palacios, F. J. (2015). Enculturation with ethnomathematical microprojects: From culture to mathematics, 9(1), 1-11.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47-54.

Ghufron, A., Budiningsih A., Hidayati (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, (2), 81677, 309-319.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hery, H. (2017, February). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Kreatif dalam Pembelajaran Matematika Problem Posing Berbasis Collaborative Learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 22-28).

Kurumeh, M. S., Onah, F. O., & Mohammed, A. S. (2012). Improving students’ retention in junior secondary school statistics using ethno-mathematics teaching approach in Obi and Oju Local Government Area of Benue State, Nigeria. Greener Journal of Educational Research, 2(3), 54-62.

Malawi, Ibadullah. (2012). Penelitian Pendidikan. Magetan: AE Media Grafika .

Nuha, M. A., Waluya, S. B., & Junaedi, I. (2018). Mathematical Creative Process Wallas Model in Students Problem Posing with Lesson Study Approach. International Journal of Instruction, 11(2), 527-538.

Nasaruddin, N. (2013). Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63-76.

Prima, A. (2013). Development Of Long And Square Learning Devices With A Realistic Mathematical Approach Based On Bruner Theory For Student Classy Vii Smp Negeri 1 Palopo. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 70-80.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2017). Keefektifan lembar kerja siswa berbasis inkuiri untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 209-219.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rudyanto, H. E., Kartikasari, A., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa: Inovasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25-32.

Rudyanto, H. E., & Ghufron, A., Hartono, & Jatmiko (2019). Do Elementary School Students Like Mathematics?. In 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018). Atlantis Press. 326, 241-245.

Rosa, M., & Orey, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática: Perspectivas Socioculturales de la Educación Matemática, 4(2), 32-54.

Rudyanto, H., Ghufron, A., & Hartono, H. (2019). Use of Integrated Mobile Application With Realistic Mathematics Education: A Study to Develop Elementary Students’ Creative Thinking Ability. International Joural of Interactive Mobile Technologies, 13 (10), 309-319.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet

Sudirman, S., Son, A. L., & Rosyadi, R. (2018). Penggunaan Etnomatematika Pada Batik Paoman Dalam Pembelajaran Geomteri Bidang di Sekolah Dasar. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 27-34.

Tandililing, E. (2013). Pengembangan pembelajaran matematika sekolah dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. In Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika diselenggarakan pada (Vol. 9), 194-202.

Widjajanti, E. (2008, December). Kualitas lembar kerja siswa. In Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 2-5).

Wijaya, A. (2011). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta; Graha Ilmu.

ÖZMEN, H., & Yildirim, N. (2005). Effect of work sheets on student's success: Acids and bases sample. Journal of Turkish science education, 2(2),64.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.