IMPLEMENTASI BAURAN PROMOSI TERHADAP JUMLAH MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Devi Febriananda, Satrijo Budiwibowo, Farida Styaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian bauran promosi yang dilakukan oleh Universitas PGRI Madiun dalam mempromosikan program studi pendidikan akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data primer yang diperoleh menggunakan wawancara dan data sekunder berupa arsip jumlah mahasiswa. Data yang diperoleh menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Universitas PGRI Madiun menggunakan lima bauran promosi yang meliputi: promosi personal, periklanan, promosi penjualan, publisitas dan pemasaran langsung. Bauran promosi yang paling berpengaruh yaitu pemasaran langsung dengan berkunjung ke sekolahsekolah.

Full Text:

PDF

References


Arman. (2015). Analisis Bauran Promosi terhadap Keputusan Konsumen membeli Sepeda Motor Merek Yamaha pada CV. Sinar Utama Cabang Antasari di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(3), 625–637.

Assauri. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Astuti. (2015). Analisis Bauran Promosi Dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru di FKIP UHAMKA Jakarta. Jurnal Utilitas, 1(1), 79–102.

Dharmawansyah, Cangara, & Sultan. (2014). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(4), 256–263.

Irum. (2016). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Rumah pada Perumahan D,Cassablanca di Samarinda. eJuornal Administrasi Bisnis, 4(2), 590–604.

Kesuma, Budiono, & Edi. (2015). Pengaruh Bauran Promotion Terhadap Volume Penjualan Holcim Solusi Rumah Bintang Jaya di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 162–181.

Lontoh. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 515–525.

Margareta, & Wulandari. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza di Auto 2000 Cabang Cibiru Bandung 2017. EProceeding of Applied Science, 3(2), 585–592.

Mulyawan, & Komarudin. (2012). Pelaksanaan Aspek Bauran Promosi Pada Stmik Mardira Indonesia, Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, 6(1), 47–59.

Peter, & Olson. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Sandy, Arifin, & Yaningwati. (2014). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Bisnis Angkatan 2010-2012 Fakultas Ilmu Administrasi Pengguna Indosat di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(2), 1–10.

Subroto. (2011). Pemasaran Industri. Yogyakarta: ANDI.

Syamsu, Suyadi, & Hidayat. (2014). Peranan Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Dealer Sepeda Motor Honda PT Nusantara Surya Sakti Bululawang). Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 1–8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter