PENGARUH MINAT, KONSEP DIRI, DAN PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Zuyyina Firdaus Disna Siswanto, Elva Nuraina, Farida Styaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh minat untuk menjadi guru, konsep diri, dan persepsi mahasiswa tentang profesi guru di Universitas PGRI Madiun. Sampel pada penelitian ini merupakan mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2015-2018 sebanyak 163 dengan tehnik random sampling melalui kuisioner. Penelitian ini menggunakan aplikasi smartPLS. Analisis data menggunakan outter model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari faktor minat, konsep diri, dan persepsi tentang profesi guru terhadap keputusan untuk mengambil program studi pendidikan akuntansi pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas PGRI Madiun.

Full Text:

PDF

References


Amini, F. (2018). Pengaruh Pemilihan Program Studi Pendidikan Ekonomi Terhadap Minat Menjadi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 6(2).

Arif, M. (2018). Hubungan Minat Dan Potensi Diri Dengan Pemilihan Program Studi Asuransi Syariah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Sumatera Utara. Tansiq, 1(1), 2–6.

Diyantini, Santosa, S., & Octoria, D. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fkip Uns. Jurnal “Tata Arta” Uns, 2(2).

Kulsum, U., Witurachmi, S., & Muchsini, B. (2017). Pengaruh Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa Umi. Jurnal “Tata Arta” Uns, 3(2), 21–30.

Lestari, G. A. K., & Yadnyana, K. (2013). Persepsi Dan Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Terhadap Profesi Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1(3), 195–211.

Masriah, Zakiyatul. Malay, Nursalim. Fitriani, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Jurusan Perguruan Tinggi Dan Konsep Diri Dengan Kesesuaian Minat Memilih. Journal Of Psychology, 1(1), 61–76. Https://Doi.Org/Doi://Dx.Doi.Org/10.24042/Ajp.V1i1.3639

Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5(1), 1–6.

Rosmiati, F. D., Siswandri, & Sohidin. (2017). Hubungan Lingkungan Keluarga Dan Persepsi Tentang Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fkip Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal “Tata Arta” Uns, 3(2), 72–84.

Rufaidah, A. (2015). Pengaruh Intelegensi Dan Minat Siswa Terhadap Putusan Pemilihan Jurusan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 139–146.

Https://Doi.Org/10.1002/Hyp.6947

Sulistyawati, N. L. G. A., Herawati, N. T., & Julianto, I. P. (2017). Pengaruh Minat, Potensi Diri, Dukungan Orang Tua, Dan Kesempatan Kerja Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal, 8(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/download/13145/8299


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter