PENGARUH INTENSITAS AKSES MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

hendri nurcahyanto Nurcahyanto, Satrijo Budiwibowo, Elly Astuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dampak pengaruh Intensitas Akses Media Sosial dan Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar mata pelajaran akuntansi di kelas X SMK PGRI 3 Madiun. Kuisioner dengan jumlah responden 40 digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Kriteria pemilihan responden adalah penguna facebook, whatsapp dan instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas mengakses sosial media dan perilaku belajar tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena aspek penilaian siswa pada sekolah tersebut meliputi komponen kognitif, afektif dan psikomotorik. Proporsi nilai tertinggi ada pada komponen afektif dan didasarkan pada presensi siswa.


Full Text:

PDF

References


Afrianingrum, Resti, et al. “Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa Fakultas Komputer Institut Bisnis Nusantara.” Pengaruh Media Sosial Terhadap Pola Pikir Mahasiswa, vol. 1, 2008, p. 23.

Kurniawan, Budi, et al. “156 Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.” Journal of Mechanical Engineering Education, vol. 4, no. 2, 2017, pp. 156–62.

Fitri, Sulidar. "Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak.", 2017, p.122..

Khairani, Nisa. "Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak.", vol. 2, 2016, p. 100.

Ramdhani, Muhamad. “Pengaruh Sosial Media (Facebook) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unviersitas Singaperbangsa (UNSIKA) Karawang.” Politikom Indonesiana, vol. 1, no. 1, 2016, pp. 66–78.

Rismana, Aida. 1. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lambung Mangkurat 2. Dosen Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Vol. 3, no. 4, 2016, pp. 40–57.

Widiasih, Rita, et al. “Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X1 Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.” Pendidikan Ekonomi, vol. 11, no. 2, 2017, pp. 103–07, doi:10.19184/jpe.v11i2.6454.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter