PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN IKLAN HANDPHONE SAMSUNG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Ramadhani Widya Ningrum, Satrijo Budiwibowo, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek dan iklan handphone samsung all series terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas PGRI Madiun dengan sampel berjumlah 200 mahasiswa yang diambil dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek dan iklan handphone Samsung mempengaruhi keputusan pembelian. Ketika konsumen ingin membeli suatu barang atau produk rata-rata mempertimbangkan kualitas produknya. Citra merek yang tertanam di benak mahasiswa Universitas PGRI Madiun secara umum positif. Sedangkan iklan samsung dinilai unik dan menarik serta memberikan informasi lengkap mengenai fitur dan keunggulan produk sehingga mempengaruhi keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Arista, E. D., & Triastuti, S. R. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayan Merek dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. ISSN 1693-928X Vol. 13 No.1, 2011, 13(1), 37–45.

Ayuningtias, T., & Djoko, H. W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu XL Prabayar di Kota Semarang (Studi Kasus pada Pengguna Kartu XL Prabayar di Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL Tahun, 1–6.

Evelina, N., DW, H., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–11.

Fajar, I. (2018). 5 Merk Ponsel Ini Rajai Penjualan Smartphone di Indonesia. Retrieved July 22, 2019, from https://kabar.news/5-merk-ponsel-ini-rajai-penjualan-smartphone-di-indonesia

Hamidah, S., & Desi, A. (2013). Analisis Persepsi Citra Merek, Desain, Fitur Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus Stie Pelita Indonesia). Jurnal Ekonomi Universitas Riau, 21(4), 1–20.

Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS)Medan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.

Kurniawati, D., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Merek & Psikologi Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 1–9.

Mandagi, V. A. ., Kalangi, J. A. F., & Mukuan, D. D. S. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(4), 54–61.

Morissan, M. . (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA, 4(2), 60–69.

Ramadhan, A. W., & Andjarwati, A. L. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Samsung Galaxy S7 (Studi Pada Pengunjung Plasa Marina dan WTC Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 5(4).

Rosyid, A. N., Djoko W, H., & Widayanto. (2013). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek , Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Revo ( Studi Kasus pada Konsumen Sepeda Motor Honda Revo Astra Motor Kebumen ). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC, 1–8.

Teguh, S. (2012). Inilah Sebab Mengapa Nokia Akhirnya Tersungkur. Retrieved July 22, 2019, from https://teguhtimur.com/2012/04/30/inilah-sebab-mengapa-nokia-akhirnya-tersungkur/

Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA, 1(4), 607–618.

Yazia, V. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus Blackberry Center Veteran Padang). Journal of Economic and Economic Education, 2(2), 165–173.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter