FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SMK YYY WONOASRI

Ulfa Norria Amalia, Elva Nuraina, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi SMK YYY Wonoasri. Metode penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan analisis data statistik deskripsif dan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua dan minat belajar memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa sedangkan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dikarenakan teman sebaya cenderung mempengaruhi perilaku siswa, sedangkan kognitif siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan perhatian yang berkaitan dengan pendidikan siswa seperti perhatian orang tua dan motivasi siswa dalam belajar. Hal ini berhubungan dengan variabel prestasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Aziz, M.A., Tarmedi, E., Untung, S.H. (2015). Hubungan Antara Kelompok Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Siswa SMKN. Journal of Mechanical Engineering Education. 2(2), 233-238.

Mawarsih, S.E., Susilaningsih., dan Hamidi, N. (2013). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA NEGERI JUMAPOLO. Jurnal Pendidikan UNS. 1(3), 1-13.

Pratiwi, N.K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga. 1(2), 75-105.

Sirait, E.D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 6(1), 35-43.

Tambunan, R.I., Hutasuhut, S. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi. 1(2), 112-124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter