FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMAN ZO

Ladeagty Pratiwi, Elva Nuraina, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi  minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa SMAN ZO. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan teknik sampling jenuh dan teknik analisis data statistik  deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi, self efficacy, lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikansi  terhadap  minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, sedangkan prestasi belajar tidak berpengaruh signifikansi terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dikarenakan prestasi belajar  sudah diwakili oleh self efficacy  karena keyakinan pada kemampuan siswa dinilai lebih efektif dalam memberikan sumbangan pengaruh daripada prestasi belajar siswa yang diukur berdasarkan nilai.

Kata Kunci : SSE; Self Efficacy; Teman Sebaya; Prestasi; Minat


Full Text:

PDF

References


Darmawan, I. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 156–165. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ekonomi/article/view/6090/5816

Fitriani, K. (2014). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Pergurua Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 18–23.

Hidayati, N. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kretek. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(11), 1–9.

Kharisma, N., & Latifah, L. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri Se- Kota Semarang Tahun Ajaran 2014. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 833–846. https://doi.org/ISSN 2252-6544

Ormord. J. E. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Putri, D. A. ., & Kusmuriyanto. (2017). Determinan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2017/2018. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 656–668.

Rahmawati, Y., & Hakim, L. (2015). Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(2), 1–9.

Santrock. J. W. (2009). Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 1. Jakarta: Salemba Humaika.

Suciningrum, N. P., & Rahayu, E. S. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas XI Di SMA Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 1–21. https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter