ANALISIS SISTEM PEMBERIAN DAN PENAGIHAN GUNA MENGURANGI KREDIT MACET PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM XY MADIUN

Novita Anggraini, Supri Wahyudi Utomo, Farida Styaningrum

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui sistem pemberian dan penagihan kredit yang telah diterapkan pada KSP XY di Madiun. Serta untuk mengetahui sistem yang diterapkan dalam mencegah kemacetan kredit beserta penyebab terjadiya kredit macet. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif, dengan metode wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan sistem pemberian dan penagihan kredit pada KSP XY di Madiun masih belum efektif dalam mencegah kredit macet. Dokumen yang digunakan masih kurang lengkap, prinsip analisis 5C dan 7C belum berjalan dengan semestinya. Kredit macet disebabkan kurangnya jaminan dari nasabah, kurang tepat menganalisis nasabah, serta kurangnya kesadaran nasabah tekait jatuh tempo.

Full Text:

PDF

References


Amalina, A., & Saifi, M. (2018). Analisis Sistem Akuntansi Pemberian Kredit Multiguna Sebagai Salah Satu Upaya Meminimalisir Kredit Bermasalah. Jurnal Administrasi Bisnis, 60(2), 19–27.

Anggriawan, Gusti Bagus Fradita Herawati, N. T., & Purnamawati, I. G. A. (2017). Analisis Prinsip 5C dan 7P Dalam Pemberian redit Untuk Meminimalisir Kredit Bermasaah dan Meningkatkan Profitabilitas (Studi Kasus Pada PT BPR Pasar Umum Denpasar-Bali). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–12.

Fibriyanti, Y. V., & Wijaya, O. I. (2018). Analisis Sistem Pengendalian Internal Pemberian Kredit Pada PD BPR Bank Daerah Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, III(2), 789–801.

Hananta, N. P. (2015). Analisis Sistem Pemberian Kredit Pensiun Pada PT Ban Cimb Niaga Bhaktiku Kantor Cabang Tulungaggung. Riset Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 127–146.

Noor, M. C. (2013). Manajemen Kredit Bank Umum Dan BPR Seri Manajemen Perbankan. Bandung: Quantum Expert.

Pranadhipa, P. D. (2016). Analisis Manajemen Resiko Kredit Pada PT Ban Perkreditan Rakyat Gamping Artha Raya. Jurnal Manajemen, 1–12.

Primagama, M., Nangoi, G. B., & Runtu, T. (2018). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemberian Kredit Usaha Kecil Menengah Pada PT Bank Tabungan Negara Cabang Ternate. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 13(4), 561–568.

Sesiady, N. A., Dzulirom AR, M., & Saifi, M. (2018). Analisisi Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit Modal Kerja dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern. Jurnal Administrasi Bisnis, 61(1), 181–190.

Sinaga, N. H., Nainggolan, P., Siregar, L., & Jubi. (2016). Analisis Sistem Pemberian dan Penagihan Kredit Untuk Mencegah Kredit Bermasalah pada Koperasi Simpan Pinjam Guru/Pegawai “Sejahtera” Perguruan Tamansiswa Cabang Permatangsiantar. Jurnal Financial, 2(1), 67–72.

Syafriansyah, M. (2015). Analisis Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam Santosa di Samarinda. E-Journal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1),83–93.

Wulandari, R. P., Sudjana, N., & Endang NP, M. G. W. (2016). Analisis Pemberian Kredit Untuk Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi Pada Divisi Community Development enter (CDC) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Sub Area Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 200–205.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter