PENERAPAN BIAYA KUALITAS DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KLIEN (STUDI KASUS PADA KANTOR ADVOKAT DAN KONSULTAN HUKUM BAP MADIUN)

Linda Nurendah Santi, Elva Nuraina, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan biaya kualitas di Kantor Advokat dan Konsultan Hukum BAP Madiun. Responden yang diwawancara meliputi pengacara, karyawan, pengelola dan klien Kantor BAP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapatkan melalui wawancara, dokumentasi, observasi kemudian dilakukan validasi dengan metode triangulasi sumber. Penerapan biaya kualitas menghasilkan biaya-biaya yang dikelompokkan menjadi biaya pencegahan, biaya penilaian dan biaya kegagalan internal. Namun, penulis juga menemukan bahwa tidak terdapat pelaporan biaya kualitas. Biaya-biaya tersebut hanya dimasukkan dalam format laporan keuangan secara umum menggunakan anggaran yang ada.

Full Text:

PDF

References


Andari, Efi.(2015). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Berobat Di Puskesmas Pembantu Desa Pasir Utama. Pasir Pangaraian. Skripsi tidak diterbitkan.Riau: Program Studi Manajemen

Aman. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Diklat Penulisan Skripsi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Yogyakarta: HIMA Pendidikan Sejarah FISE UNY

Ariani, D.W. (2014). Manajemen Kualitas: (online).(http: repository.ut.ac.id/4792/1/EKMA4265-M1.pdf

Bachri, Bachtiar. (2012). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif (online). (http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf

Firmansyah. 2015. Ini Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Klien Setia KepadaAdvokat.http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt55e6d8d91b8fa/ini-beberapa-faktor-yang-bikin-klien-setia-kepada-advokat

Gantino R., & Erwin . (2010). Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Penjualan pada PT. Guardian Pharmatama. (Vol. 2 hlm 138–168) Journal of Applied Finance and Accounting

Iranita, Akhirman dan L. Suprihartini. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Hasil Penjualan Karet Alam Sumatera Barat : (online).(https://www.researchgate.net/publication/319178630

Irfah, Mardiyah. 2011. Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan dan Relationship Value Terhadap Komitmen. Pada Nasabah Kartu Kredit Mandiri Medan: (online).( file:///C:/Users/user/Downloads/2072-5464-1-PB.pdf). Diunduh 13 Maret 2019

Irma, D.Sari. 2010. Membangun Badan Usaha. Bandung. Mizan.

Juran, J.M., Defeo, J., Defeo, J.A. (2010). Juran's quality handbook: The complete guide to performance excellence. (5th eds). NY: McGraw-Hill Publishing Co.

Mayer, R.C., J.H. Davis, and F.D. Schoorman. “An Integration Model of Organizational Trust”. Academy of Management Review. Vol. 20, No. 3:709-734. 1995

Meliala, D.S dan N, Ambarita. (2012). Kedudukan Kantor Hukum Dalam Persekutuan Perdata Dewasa Ini: (online) (https://media.neliti.com/media/publications/12581-ID-kedudukan-kantor-hukum-dalam-persekutuan-perdata-dewasa-ini.pdf. Diunduh pada 5 Juni 2018)

Moleong, J. Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyo Budi Setiawan dan Ukudi, 2007. Pengaruh Kualitas Layanan,Kepercayaan, dan Komitmen Terhadap Loyalitas nasabah (Studi pada PD. BPR Bank Pasar Kendal). Jurnal Bisnis dan Ekonomi. ISSN: 1412-

Nurhidayah. (2015). Explorasi Kepercayaan dan Hubungan Auditor-Klien: Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Kepercayaan Auditor Terhadap Klien Repsentatif: (online).

(http://download.portalgaruda.org

/article.php?article=427908&val=9174&title=EXPLORASI%20KEPERCAYAAN%20DAN%20HUBUNGAN%20AUDITOR-KLIEN:%20FAKTOR-fAKTOR%20YANG%20

MEMPENGARUHI%20KEPERCAYAAN%20AUDITOR%20TERHADAP%20KLIEN%20REPRESENTATIF. Diunduh pada 5 Juli 2018)

Pengertian/kualitasmenurut KBBI: (online), (https://kbbi.kemdikbud.go.id/ entri/merek, diunduh pada20 Mei 2018);

Rahmi, Mustika., Eka Rosalina., Irda Rosita. (2015). Penerapan Biaya Kualitas Dalam Menerapkan Efisiensi Biaya Produksi Pada Catreing ABC. Politeknik Negeri Padang

Ruang Lingkup Pelayanan Hukum (2018): (online). (http://frplawfirm.com/. Diunduh pada 5 Juni 2018)

Safitri, Sela.(2018). Analisis Pengaruh Switching Cost, Customer Trust dan Perceived Risk Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Stisfaktion Pada Nasabah asuransi Prudential di Kota Samarinda. Samarinda: Politeknik Negeri Samarinda

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran cet. 1.ed. 2. Bogor. Graha Indonesia

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan:”Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Tulende, M.SM dan V. Ilat. (2014). Penerapan Biaya Kualitas untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi Pada UD. Sinar Sakti Manado. (Vol. 2 hlm 1712-1722). Jurnal EMBA

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat Kode Etik Advokat

Tandiontong, M., F, Sitanggang., V, Carolina. (2010). Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus pada The Majesty Hotel and Apartment, Bandung). Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi

Widhiarti, A. (2016). Pengaruh Jasa Layanan, Harga, Proses Terhadap Kepercayaan dan Perilaku Penggunaan Ulang Masyarakat Pada Advokat di Kabupaten Jember. (Vol. 10 hlm 203 – 215) Jurnal Bisnis dan Manajemen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter