PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Ronal Ade Saputra, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksi dalam ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap CSRD. Populasi penelitian berjumlah 540 perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan yang terpilih sebanyak 13 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan mengumpulkan laporan tahunan perusahaan dari situs BEI. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25.0. Uji hipotesis yang digunakan uji koefisien determinasi, uji signifikan simultan, dan uji signifikansi parameter individual. Hasilnya adalah ukuran perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap CSRD, profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap CSRD dan bersama-sama ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap CSRD

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013).ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta :RinekaCipta

Dermawan, D., & Deitiana, T. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility, 16(2).

Dewi, S. S., & Priyadi, M. P. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI, 2(3).

Ghozali.(2013). AplikasiAnalisis Multivariate Dengan Program IBM SPSs 21.Semarang :Undip

Global Reporting Initiative (PedomanPenilaian GRI) tahun 2013

Indra, I. B. G. W., &Yadnya P. (2015).PengaruhUkuran Perusahaan Dan LeverageTerhadapProfitabilitas Dan PengungkapanCorporate Social Responsibility.

Kartini, D. (2013). Corporate Social Responsibility Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia.

Kasmir.(2016). AnalisisLaporanKeuangan.Jakarta :RajawaliPers

LaporanPenilaian PROPERtahun 2015

Mardikanto, T. (2014). Corporate Sosial Responsibility (Tanggung Jawab Sosial korporasi).

Masyitah, E. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Social (Social Disclosure) dalam Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, 1, 52–70.

Nugraha, S. A. (2013). Faktor-Faktor yang Memepengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam Laporan Tahunan Perusahaan, 2(10), 1–16.

Nur, M., & Priantinah, D. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Berkategori High Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia), I.

Oktariani N. W., &Mimba N. P. S. H., (2014).PengaruhKarakteristik Perusahaan Dan TanggungLingkunganPadaPengungkapanTanggungJawabSosial Perusahaan.

Rahayu, R. S., & Cahyati, A. D. (2014). Faktor-Faktor yang Memepengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perbankan Syariah, 5(2), 74–87.

Rindawati, M. W., & Asyik, N. F. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Publik terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), 4(6).

Rohmah, D. (2015). Faktor-Faktor yang Memepengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility di dalam Laporan Sustainability (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013), 5(2), 243–262.

Santioso, L., & Chandra, E. (2012). Pengungkapan Corporate Social Responsibility, 14(1), 17–30.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung :Alfabeta

Sumilat, H., & Destriana, N. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility, 19(1), 129–140.

Undang-undangNomor 40 tahun 2007 tentangperseroanterbatas

www.idx.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.