PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, dan LEVERAGE TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Habiba Raima Devi, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap struktur modal, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dalam menangalisis data menggunakan bantuan program SPSS For Windows Versi 25.0. Hasil dari penelitian ini menujukkan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap struktur modal, Likuiditas berpengaruh terhadap struktur modal, Leverage berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan secara bersama-sama Profitabilitas, likuiditas dan leverage profitabilitas, likuiditas, dan leverage secara simultan mempunyai pengaruh negatif yang signifikan terhadap struktur modal.

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, M. & Wiraseda, W. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Variabilitas Pendapatan Dan Operating Leverage Pada Struktur Modal Industri Perbankan: (online), (https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/12957, diunduh 13 Desember 2018).

Adiyana, I. & Ardiana, P.A. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis, Pertumbuhan Aset, Profitabilitas Dan Likuiditas Pada Struktur Modal: (online), (https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/9542, diunduh 13 Desember 2018).

Brigham & Houston (2011).”Dasar-Dasar Manajemen Keuangan” Buku 2 Edisi 11. Jakarta. Salemba Empat.

M. Y. & Sudjarni, L. K. (2018). Pengaruh Tingkat Pertumbuhan, Struktur Aktiva, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Pertambangan Di Bei: (online), (: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p04, diunduh 13 Desember 2018).

Dwilestari, A. (2010). Pengaruh Struktur Aktiva, Pertumbuhan, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Perusahaan: (online), (http://e-journalfb.ukdw.ac.id/index.php/jrak/article/view/40, diunduh 13 Desember 2018).

Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Bandung. Alfabeta.

Fahmi, I. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang. Badan penerbit UNDIP.

Hadiyanto, B. & Tayana, C. (2010). Pengaruh Risiko Sistematik, Struktur Aktiva, Profitabilitas, dan Jenis Perusahaan Terhadap Struktur Modal Emiten Sektor Pertambangan: Pengujian Hipotesis Static-Trade Off: (online), http://journal.maranatha.edu/index.php/jam/article/view/369, diunduh 13 Desember 2018).

Hanafi, M. & Halim, A. (2016). Analisis Laporan Keuangan edisi ke 5. Yogyakarta. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Hardiyanti, S. & Gunawan, B. (2010). Pengaruh Size, Likuiditas, Profitabilitas, Risiko, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia): (online), (http://journal.umy.ac.id/index.php/ai/article/view/1080, diunduh 13 Desember 2018).

Harjito & Martono (2013). Manajemen Keuangan edisi ke 2. Yogyakarta. Ekonisia.

Hery (2016). Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta. PT Grasindo.

Husnan, S. (2012). Manajemen Keuangan Terori dan Penerapan (keputusan jangka panjang).Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter