PENGARUH STRES KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT. SURYA UNGGUL NUSA CONS

Novita Dian Margareta, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan kompensasi terhadap turnover intention yang diukur dengan menggunakan kuesioner yang di sebarkan kepada karyawan PT. Surya Unggul Nusa Cons Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 karyawan PT. Surya Unggul Nusa Cons Madiun dan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengamatan dilakukan pada periode 2018 – 2019. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis uji t dan uji F dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara stres kerja (X1), kompensasi (X2), dan turnover intention (Y) karyawan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta; PT Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate DenganProgram IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate DenganProgram IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, H. (2012). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BFPE.

Mangkunegara, A.P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rivai,V & Sagala, J. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sinambela, L.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sofyandi, H. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Wilson, B.( 2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indinesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yusuf, B. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dwiningtyas. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja, Stres Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Turnover Intention pada Karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Faslah, R. 2010. “Hubungan antara Keterlibatan Kerja dengan Turnover Intention pada Karyawan PT. Garda Trimitra Utama “. Jakarta. Dalam Jurnal Econosains, Volume 8 No.2 Hal 146-151.

Halimah, T. N., Fathoni, A & Minarsih, M. M. (2016). “Pengaruh Job Insecurity, Kepuasan Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Turnover intention Pramuniaga di Gelael Supermarket (Studi Kasus pada Galael Superindo Kota Semarang)”. Dalam Jurnal Of Management, Volume 2 No. 2.

Irbayuni, S. (2012). “Pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasi terhadap Keinginan Untuk Berpindah Tempat Kerja pada PT. Surya Sumber Daya Energi Surabaya”. Dalam Jurnal Neo-Bis, Volume 6 No.1.

Khadir, M & Sugiati, T. (2016). “Pengaruh Stres Kerja, Kompensasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention; Studi Pada Karyawan Kontrak PT. Gagah Satria Manunggal”. Dalam Jurnal Wawasan Manajemen, Volume 4 No. 3 Hal 181.

Nawa, F & Kempa, S. (2017). “Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur”. Dalam Jurnal Agora, Volume 5 No. 3.

Oemar, U & Gangga, L. (2017). “ Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Musi Manyuasin”. Dalam Jurnal Ecoment Global, Volume 2 No. 2 Hal 24-25.

Sindharta, N & Margaretha, M. (2011). “Dampak Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention : Studi Empiris pada Keyawan Bagian Operator di Salah Satu Perusahaan Garment di Cimahi”. Dalam Jurnal Manajemen, Volume 10 No. 2 Hal 129-142.

Syahronica, G., Hakam, M. S., & Ruhana, I. (2015). “ Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stres Kerja terhadap Turnover Intention (Studi pada Karyawan Departemen Dunia Fantasi PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk)” . Dalam Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 20 No. 1 Hal 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter