PENGARUH KOMPETENSI KARYAWAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN

Nimas Niken Mardiani, Isharijadi Isharijadi, Farida Styaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kompetensi karyawan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien secara parsial maupun simultan pada  Rumah Sakit Ibu dan Anak Al Hasanah Kota Madiun. Penelitian ini dilakukan pada ibu melahirkan dengan jumlah responden 194 orang dari pasien Rumah Sakit Ibu dan Anak Al Hasanah Kota Madiun. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan analisis data regresi linear berganda dengan menggunakan perangkat SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi karyawan tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien, sedangkan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien. Secara simultan kompetensi karyawan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasaan pasien.

Kata Kunci : Kompetensi Karyawan, Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pasien


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta .

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gaspersz, V. (2011). Total Quality Management Untuk Praktisi Bisnis Industri. Bogor:PT Niaga Swadaya.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan ProgramIBN SPSS23. Semarang Universitas Diponegoro.

Hermawati ( 2017 ). Pengaruh Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor UPT Pendapatan Wilayah Makassar 01 Selatan, Provinsi Sulawesi Selatan.

Indrawan, R. (2008). Pengaruh Kompetensi dan Kualitas Pelayanan Petugas Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cileduk. Tangerang.

Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta;PT Gramedia.

Kotler, P ., & Keller ,K.L. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta; Erlangga.

Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry , J. (2010). Pemasaran Jasa Manusia Teknologi, Strategi. Jakarta; Erlangga.

Meriana, L., Agung, G., & Tarigan, . (2014). Analisis Dampak Kompetensi Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan di Hachi Hachi Bistro Surabaya.

Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bandung; Alfabeta.

Nasution, M.N. (2016). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor; Ghalia Indonesia.

Peter, J.P. & Olson, J,C. 2014). Perilaku Konsumen dan marketing Strategi. Jakarta; Salemba Empat.

Priyatno, D. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statisti Dengan SPSS. Yogyakarta;ANDI.

Putri, R., Suharyono & Dahlan. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loya;itas Pelanggan ( Survey Pada Pelanggan AUTO 200 Waru Surabaya. JAB Vol . No.1.

Sangadji, E.M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan PraktisDisertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta; Andi Publisher.

Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta; PT Bumio Aksara.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; alfabeta.

______. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; alfabeta.

Sutrisno, H.E. ( 2017 ). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta;Kencana Pranedamedia Group.

Tjiptono, F.(2014). Manajemen pemasaran Buku I, Yogyakarta; Andi Offset.

Torang, S. ( 2014 ). Organisasi & Manajemen. Bandung; Alfabeta.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 10 Th 2015. Tentang Standar Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Khusus Standar Pelayanan Keperawatab Ibu dan Anak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter