ANALISIS PENERAPAN KONSEP NILAI WAKTU UANG DALAM PENYUSUTAN ASET TETAP UNTUK MEMINIMALKAN BEBAN PAJAK PADA PG. PAGOTAN MADIUN

Sus Samirasari, Isharijadi Isharijadi, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan konsep nilai waktu uang dalam penyusutan aset tetap untuk meminimalkan beban pajak pada PG. Pagotan Madiun. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konsep nilai waktu uang dan analisis beban pajak yaitu mencari informasi dan dokumen-dokumen mengenai aset tetap dalam kegiatan operasional perusahaan serta penyusutannya untuk mengetahui besar kecilnya beban pajak dengan mempertimbangkan konsep nilai waktu uang. Hasil penelitian ini penerapan konsep nilai waktu uang dalam penyusutan aset tetap dapat meminimalkan beban pajak daripada tidak menggunakan konsep nilai waktu uang.

Full Text:

PDF

References


Arniati & Windariyani, F. (2013). Penerapan Konsep Nilai Waktu Uang Pada Penyusutan Aktiva Tetap dan Pengaruhnya Terhadap Kewajiban Pajak pada PT Synergy Indonesia.

Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 1 (1). Hal 20-30. (online), (https://jurnal.polibatam.ac.id, diunduh 1 Maret 2018)

Brigham & Houston. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. Kementerian Keuangan. (2017). Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor

/PMK.06/2017 Tentang Penyusutan Barang Milik Negara Berupa Aset Tetap Pada

Entitas Pemerintah Pusat. Republik Indonesia: (online), (https://oygabusmi.files.wordpress.com, diunduh 8 Maret 2018).

Ritonga, P. (2017). Analisis Perencanaan Pajak melalui Metode Penyusutan dan Revaluasi Asset Tetap untuk Meminimalkan Beban Pajak pada PT. TASPEN (Persero) Cabang Utama Medan. Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis. 17(1). Hal 1-14. (online), (http//:jurnal.umsu.ac.id. diunduh 3 Maret 2018).

Undang-undang Pph dan Peraturan Pelaksanaannya Pasal 17 Th. 2013. Tentang Cara Menghitung Pajak. 2018. Jakarta: Direktorat Jendral Pajak: (online), (http://www.pajak.go.id. diunduh 4 Mei 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter