PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN JASA DI BEI

Arifin Dwi Prihananto, Elva Nuraina, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan risiko perusahaan terhadap tax avoidance pada perusahaan jasa di BEI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel ini purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi dengan nilai signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tax avoidance. Risiko perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terdahap tax avoidance. Sedangkan secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas, dan risiko perusahaan berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance perusahaan jasa sektor property and real estate di Bursa Efek Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Arianandini, Ramantha. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Institusional pada Tax Avoidance. Electronic Journal of Akuntansi Universitas Udayana. 22(3); 2088- 2116.

Budiman, Judi. & Setiyono. (2012). Pengaruh Karakter Eksekutif Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance). Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Damayanti, Fitri. & Susanto, Tridahus. (2015). Pengaruh Komite Audit, Kualitas Audit, Kepemilikan Institusional, Risiko Perusahaan Dan Return On Assets

Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 5(2); 187-206.

Dewi, Lisnawati. & Rahayu, Yuliastuti. (2016). Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.

Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. 5(1); 1-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter