ANALISIS AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DENGAN ANGGARAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN UNTUK PENILAIAN KINERJA PADA KUDSRIMULYO WONOASRI MADIUN

Wareka Indra Rukmana, Isharijadi Isharijadi, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai akuntansi pertanggungjawaban dengan anggaran yang digunakan sebagai alat pengendalian biaya untuk penilaian kinerja karyawan pada KUD Sri Mulyo Wonoasri Madiun tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntansi pertanggungjawaban yang ada sudah baik dengan adanya struktur organisasi yang jelas dan pengalokasian tanggung jawab yang tepat, serta menunjukkan perbandingan antara realisasi dengan anggaran. Dalam penyusunan anggaran belum melakukan pemisahan biaya. Anggaran digunakan sebagai alat untuk penilaian kinerja karyawan dengan melihat pencapaian dari anggaran yang sudah disusun.

Full Text:

PDF

References


Adisaputro,Gunawan.&Asri,Marwan.(2008). Anggaran Perusahaan Buku1Edisi2.Yogyakarta :BPFE.

Ahmad,Kamaruddin.(2014).Akuntansi Manajemen :Dasar-Dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan.Jakarta :Rajawali Pers.

Bastian,Indra.(2009).Akuntansi Sektor Publik di Indonesia.Yogyakarta:BPFE.

Carter,WiliamK.(2009).Akuntansi Biaya .Jakarta: Salemba Empat. Garrison.Noreen.&Brewer.(2014).Akuntansi Manajerial. Edisi14. Buku1 .Jakarta: Salemba Empat.

Lubis,Arfan Ikhsan.(2011).Akuntansi Keperilakuan .Edisi2. Jakarta : Salemba Empat.

Mandak, Andre (2013). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dengan Anggaran Sebagai Alat Pengendalian Biaya Dinas Perhubungan Manado .Jurnal EMBA465.1(3) ; 465-473.

Mardiasmo.(2009).Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Andi. Mawarni,Zelinda.(2016). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Penilaian Kinerja Pusat Biaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi .5(2) ;1-20. Mengko,Stefanly M.P.& Tirayoh, Victorina Z.(2015). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dengan Anggaran Sebagai Alat Pengen dalian Biaya Pada PT.Gotrans Logistic Cabang Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 15(03); 222-234.

Moleong,LexyJ.(2012).Metodologi Penelitian Kualitatif .Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya:Bandung.

Nordiawan, Deddi.&Hertianti,Ayuningtyas.(2010).Akuntansi Sektor Publik. Prang,Olivia S.(2013).Penerapan Akuntansi Pertanggung jawaban Dengan Anggaran Sebagai Alat Pengendalian Untuk Penilaian Kinerja Pada PT.Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Bitung. Jurnal EMBA. 1(4); 1016-1024.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter