ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) UNTUK KEMANFAATAN PERUSAHAAN PADA PG. PAGOTAN MADIUN

Fila Novitasari, Isharijadi Isharijadi, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program CSR dan kemanfaatan perusahaan selama tahun 2015-2017 di PG. Pagotan Madiun. Metode penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles & Huberman dan tehnik keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 bidang CSR yang telah dilaksanakan PG. Pagotan Madiun yaitu bidang pendidikan, keagamaan, sosial, dan lingkungan. Setelah pelaksanaan program CSR PG. Pagotan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar meskipun belum maksimal dikarenakan keterbatasan dana dari perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Antule, P., Nangoi, G.B., & Suwetja, I. G. Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), TBK. “Jurnal EMBA”. Vol. 4, No. 4, Desember 2016

Alma, B. (2010). Pengantar Bisnis. Cetakan Keempat belas. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Kelimabelas.

Jakarta: Rineka Cipta.

Handjaja, G. 2013. Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility di Perusahaan Multilevel Marketing PT. Harmoni Dinamika Indonesia. “Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya”. Vol. 2, No. 2, 2013.

Hasan, S. & Andriani, D. (2015). Pengantar CSR (Corporate Social Responsibility): sejarah,

pengertian, dan Praktis. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Indah, D.C., & Sanawiri, B. 2018. Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Keberlangsungan Bisnis Perusahaan Multinasional (Studi Pada Starbucks Coffee Grand Metropolitan Mall Bekasi). “Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)”. Vol. 54, No. 1, Januari 2018.

Nurbaety, A., Ratnasih, R., & Ramdan, H. Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility PT Bio Farma Di Desa Sukamulya Kabupaten Sukabumi. “Jurnal Sosioteknologi”. Vol. 14, No. 2, Agustus 2015.

Putra, D.K.S. (2015). Komunikasi CSR Politik: Membangun Reputasi, Etika, dan Estetika PR

Politik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rachman, N.M., Efendi, A., & Wicaksana, E. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR.

Jakarta: Penebar Swadaya.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan Kesembilan. Bandung:

Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

dan Kombinasi (Mixed Methods).

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.