ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH LINGKUNGAN INDUSTRI KULIT KABUPATEN MAGETAN

Ilfiana Candra Wulansari, Isharijadi Isharijadi, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi lingkungan pada Instalasi Pengolahan Air Limbah Lingkungan Industri Kulit Kabupaten Magetan. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptifberupa data tertulis . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi lingkungan pada IPAL LIK Magetan sudah dilakukan, limbah cair sisa pengolahan kulit di IPAL LIK Magetan sudah diproses sesuai standart operasional prosedur industri, tetapi untuk pencatatan biaya lingkungan belum ada pencatatan secara terperinci di dalam laporan keuangan. Hal tersebut dikarenakan pembukuan yang dilakukan oleh pihak APKI adalah metode pembukuan secara turun temurun yang diwariskan oleh bagian keuangan sebelumnya.

Full Text:

PDF

References


Fatmawati, N.S., Hermana, J., Slamet, A. (2016). Optimasi Kinerja Instalasi Pengolahan Air Limbah Industri Penyamakan Kulit Magetan. Jurnal Teknik ITS. 5(2):D79-D85.

Hansen, D.R. & Mowen, M.M. (2017). Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat. Harrison Jr, W.T., Horngren, C.T.,

Thomas, C.W., Suwardy, T. (2012). Akuntansi Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Ikhsan, A. (2009). Akuntansi Manajemen Lingkungan.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Islamey, F.E. (2016). Perlakuan Akuntansi Lingkungan Terhadap Pengelolaan Limbah pada Rumah Sakit Paru Jember. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.

Nilasari, F. (2014). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Terhadap Pengelolaan Limbah di PG. Djatiroto. Artikel Ilmiah Mahasiswa.

Putri, P.A.H. & Mas’ud, I. (2016). Analisis Perlakuan Akuntansi atas Biaya Lingkungan pada PT Sejahtera Usaha Bersama Unit Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa.

Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi: Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Sasongko, C., Setyaningrum, A., Febrilina, A., Hanum, A.N.,

Pratiwi, A.D., Zuryati, V. (2016). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat

Sugihartono. (2016). Pemisahan Krom pada Limbah Cair Industri Penyamakan Kulit Menggunakan Gelatin dan Flokulan Anorganik. Majalah Kulit, Karet, dan Plastik. 32(1):21-30.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Th. 1997 Tentang Pemgelolaan Lingkungan Hidup.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Th. 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Yuliantini, P.A., Purnamawati, G.A., Herawati, N.T. (2017). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Unit Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu di Badan Usaha Milik Desa. e-Journal. 7(1).

Zulkifli, A. (2014). Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Salemba Teknika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.