PENGARUH SERTIFIKASI DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KUALITAS LULUSAN DI MAN 1 KOTA MADIUN

Oktavia Irma Pramesti, Satrijo Budiwibowo, Farida Styaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi dan profesionalisme guru secara parsial dan bersama-sama terhadap kualitas lulusan di MAN 1 Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah survei . Analisis data menggunakan analisa regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sertifikasi mampu meningkatkan kualitas lulusan di MAN 1 Kota Madiun. (2) Profesionalisme guru dapat meningkatkan kualitas lulusan di MAN 1 Kota Madiun. (3) Program sertifikasi dan ditunjang profesionalisme guru dalam menjalankan tugas dapat dijadikan sebagai upaya nyata dalam meningkatkan kualitas lulusan di MAN 1 Kota Madiun.

Full Text:

PDF

References


Hadis, A & B, Nurhayati. (2012). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta

Kurniasih, I dan Sani, B. (2015). Kupas Tuntas Pendidikan dan Latihan Profesi Guru

(PLPG) Sertifikasi dan Menjadi Guru Profesional. Surabaya: Kata Pena. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta Purwito, D, R, A. (2011). Metodologi Penelitian, Pendekatan Praktis Untuk Bidang Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. Ngawi : LPM Universitas Soerjo

Sujarweni, W,V. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Azwar, K. (2015). “Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP Negri 2 Banda Aceh”. Jurnal Dipubliskan, Darussalam Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. (online), (http://jurnal-unsyiah .ac.id /jap/article/view/2568)

Murwati, H. (2013). “Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negri Se-Surakarta”. Jurnal Dipubliskan, Yogyakarta: Universitas Sebelas Maret. (online), (http: //Download. portalgaruda. org/arhcle. php? Article = 109426 &val = 4088)

Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalsime Guru. Bandung : Yrama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter