ANALISIS EFEKTIFITAS PKBL SEBAGAI WUJUD CSR (STUDI KASUS PERKEMBANGAN UMKM MITRA BINAAN PT.INKA MADIUN)

Nurul Suci Anisa, Isharijadi Isharijadi, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) serta dampaknya terhadap perkembangan UMKM Mitra Binaan PT. INKA (Persero) Madiun. Pengumpulan data menggunkan metode wawancara dengan divisi PKBL dan Mitra Binaan PT INKA (Persero) Madiun, observasi, dokumentasi, studi pustaka. Hasil menunjukkan, efektifitas PKBL PT. INKA (Persero) Madiun dalam perkembangan UMKM Mitra Binaan berjalan dengan efektif, hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan PKBL yang telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pihak PKBL PT. INKA (Persero).

Full Text:

PDF

References


Hamdani. (2016). Good Corporate Governance. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Kartini, D. (2013). Corporate Social Resposibility. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri BUMN No. PER – 02/MBU/7/2017 Tentang Per ubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. PER-09/MBU/07/2015 Tentang Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Peraturan Direksi PT. INKA (Persero) No. PER-3/INKA/2015 Tentang Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan PT Industri Kereta Api (Persero).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Undang- Undang No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.

Pratama, M.A. (2013). Analisis Efektivitas Corporate Social Responsibility Dalam Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara (Studi Kasus Pada Perkembangan UMKM Mitra Binaan PT. Perkebunan Nusantara VII Unit Usaha Rejosari). Jurnal Natrapraja Vol. I No. 1. ISSN : 2406 – 9515. Hlm. 105 – 113

Putra, D.K.S. (2015). Komunikasi CSR Politik. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Rudito, B. & Famiola, M. (2013). CSR (Corporate Social Responsibility). Bandung:

Rekayasa Sains.

Soegiastuti, J. (2012). Penerapan Strategi Corporate Responsibility (CSR) Untuk Memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen Vol 25 No. 1 ISSN : 0854-1442. Hlm 96-106.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Untung, B. (2014). CSR dalam dunia Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Wilantara, R.F. & Susilawati. (2016). Strategi dan Kebijakan Pengembangan UMKM. Bandung: PT. Refika Aditama

Yasin, M., Suherman, A. & Hatta, M. (2013). Perusahaan Bertanggung Jawab CSR vs BKBL. Semarang: Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.