ANALISIS IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN INTERNAL BENCHMARKING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING BRI MADIUN

Asti Kiana Putri Kinanthi, Elva Nuraina, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapa Total Quality Management dan Internal Benchmarking pada bagian operasional dan Layanan sebagai pendekatan manajemen untukmeningkatkan keunggulan PT BRI KC Madiun dalam persainganperusahaan perbankan. Jenisdeskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan secara keseluruhan sudah efektif (2) Internal Benchmarking belum optimal dijalankan karena terdapat 2 hal yang belum mampu dipenuhi oleh bagian tersebut (3) Strategi keunggulan PT BRI KC Madiun yang diterapkan adalah keunggulan operasional

Full Text:

PDF

References


Budi, J. D. (2013). Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.Witel Jatim Selatan Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, Vol.3 No

1-14.

Emor, G., Tinangon, J.J dan Tirayoh, V.Z. Evaluasi Penerapan Total Quality Management pada Kinerja Manajerial di PT Telkom Manado. Jurnal EMBA Vol. 2. No. 3. 895 – 901.

Ibrahim, A. (2016). Analisis Implementasi Manajemen Kualitas dari Kinerjan Operasional pada Industri Ekstraktif di Sulawesi Utara (Studi Komparasi pada Pertanian, Perikanan, dan Peternakan). Jurnal EMBA, Vol.4 No.2. 859-869

Krismiaji dan Aryani, Y. A. (2011). Akuntansi Manajemen.Yogyakarta : UPP STIM YKPN. Kondoj, F. C.O., Nangoi, G. B. & Gerungai, N. Y. T. (2017). Analisis Penerapan Total Quality Management dan Sistem Penilaian Kinerja pada PT Bank Sulutgo. Jurnal EMBA Vol.5 No.2. 1011-1019.

Novrianto, Y., Soenoko, R., dan Santoso, P.B. (2014). Analisis Penerapan Total Quality Management (TQM) Industri Pertahanan Nasional (Studi Kasus pada Industri Senjata). JEMIS, Vol.2 No.1. 19-25.

Nasution, M. N. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nafisah, U. & Wulandari, R. D. (2014). Benchmarking Mutu Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Berdasarkan Trilogi Juran. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, Vol.02No. 4, 263-271.

Paulus, M. dan Devie. (2013). Analisis Pengaruh Benchmarking terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Bussiness Accounting Review, Vol 1, No.2. 39-49.

Rismawanti, E. (2016). Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Laba P.T Joyfull Bakery Makassar. Jurnal Economix, Vol.4 No.1, 35-42.

Zainal,V. R., Ramly, M. E., Mutis, T. dan Arafah, W. (2014). Manajemen Sumber S. Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta : Rajawali Pers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.