ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LISTRIK PRABAYAR DAN PASCBAYAR PADA PT PLN RAYON BALONG

Vivit Karlosiana, Satrijo Budiwibowo, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membedakan tingkat kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar dan pascabayar pada PT PLN Rayon Balong. Sampel dalam penelitian ini yaitu 288 dengan tehnik pengambilan sampel probability sampling. Tahnik analisis yang digunakan adalah analisis variansi satu jalur (one way ANOVA). Hasilnya menunjukkan adanya perbedaan tingkat kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar dan pascabayar. Masyarakat merasa terpuaskan dengan menggunakan listrik prabayar karena kemudahan listrik prabayar yaitu lebih bisa terkontrol, Sedangkan listrik pascabayar masyarakat tidak bisa mengkontrol meteran yang pembayarannya masih ditentukan disetiap bulannya. Hasil perbandingan menyatakan bahwa pelanggan prabayar memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan pascabayar.

Full Text:

PDF

References


Alma B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung; Alfabeta

Arwata N.O, Rinas W & Pemayun A.A.G.M.(2014).Studi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Listrik Prabayar Pt. Pln (Persero) Distribusi Area Bali E-Journal Spektrum Vol. 1, No.1 Desember 2014 page 34-39

Dharmmesta B.S & Handoko T. H. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen edisi pertama.Yogyakarta; BPFE YOGYAKARTA

Galla F. B & Hutami R.F. (2017). Analisis Perbedaan Tingkat Kepuassan Pelaggan Listrik Prabayar dan Pascabayar di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten Rayon Bandung Selatan: e-Proceeding of management: Vol.4, No.1 April 2017 Page 229-235.

Jaya N.K.H.O.P, Suwena.R.K & Meitriana.M.A. (2017). Studi Komparatif Kepuasan Pelanggan Antara Listrik Pintar (Prabayar) Dan Listrik Konvensional (Pascabayar) Pada Pt. Pln (Persero) Area Bali Utara Rayon Singaraja. Ejournal Jurusan Pendidikan Ekonomi Volume: 10 No: 2 Tahun: 2017 Page 1-11

Johannes, Novitasari, & Amalia W.L.(2014). Persepsi Pelanggan Terhadap Listrik Pintar (Customer Perception On Smart Electricity) Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 2 No. 3 Juli – September 2014 Issn: 2338 – 123x Page 160-168

Ramadlana L. R & Najib M. (2016). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Listrik Pascabauyar dan Listrik Prabayar Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT PLN (Persero) AREA CIPUTAT: Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol VII, No.3, Desember 2016 page 185-199


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter