PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP DETEKSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Setya Sela Pangesty, Elva Nuraina, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fraud diamond dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Elemen tekanan dengan variabel proksi target keuangan (ROA) tekanan eksternal (LEV), kesempatan dengan proksi ketidakefektifan pengawasan dan pergantian auditor, rasionalisasi dengan proksi total akrual, dan kemampuan dengan proksi pergantian direksi. Jenis data yang disajikan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan pusposive sampling dengan sampel akhir diperoleh 47 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Target keuangan berpengaruh terhadap deteksi kecurangan laporan keuangan. Tekanan eksternal, ketidakefektifan pengawasan, pergantian auditor, total akrual dan pergantian direksi tidak berpengaruh terhadap deteksi kecurangan laporan keuangan

Full Text:

PDF

References


Annisya,M.,Lindrianasari, &Asmaranti, Y. (2016). Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan Menggunakan Fraud Diamond. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 23 (1). 72-89.

Aprillia (2017). Analisa Pengaruh Fraud Pentagon Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan Menggunakan Beneish Model Pada Perusahaan Yang Menerapkan Asean Corporate Governance Scorecard. Jurnal Akuntansi Riset, 6 (1), 96-126.

Association of Certified Fraud Examiners. (2016). Report To The Nations On Occupational Fraud And Abuse.

Dewi, R. (2017). Fraud Penyebab dan Pencegahannya. Bandung: Alfabeta.

Iqbal dan Murtanto. (2016). Analisa Pengaruh Faktor-Faktor Fraud Triangle Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Seminar Nasional Cendekiawan. 1-19.

Karyono. (2013). Forensic Fraud. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Martyanto dan Daljono. (2013). Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan Melalui Faktor Risiko Tekanan dan Peluang (Studi Kasus pada Perusahaan yang Mendapat Sanksi dari Bapepam periode 2002-2016). Diponegoro Journal of Accounting. 2. (2). 1-12.

Messier, Glover dan Prawit. (2014). Jasa Audit dan Assurance. Jakarta: Salemba Empat. Norbarani, L., dan Rahardjo, S.N. Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan Dengan

Analisis Fraud Triangle Yang Diadopsi Dalam SAS NO.99.

Priantara. (2013). Fraud Auditing & Investigation. Jakarta: Mitra Wacana Media. Sihombing, K.S., dan Rahardjo, S.N. (2014). Analisis Fraud Diamond Dalam Mendeteksi

Financial Statement Fraud: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012. Diponegoro Jurnal Of Accounting, 3 (02), 1-12.

Sulistyanto, S. (2014). Manajemen Laba Teori dan Model Empiris. Jakarta: Gramedia Widiasaran Indonesia.

Wolfe, D.T., Hermanson, D.R. (2004). The Fraud Diamond: Considering The Four Elemen Of Fraud. CPA Journal, 74 (12), 38-42.

Yesiariani, M. dan Rahayu, I. (2016). Analisis Fraud Diamond Dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar Di Burs Efek Indonesia Tahun 2010-2014). Simposium Nasional Akuntansi XIX, 1-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter