IMPLEMENTASI SYARIAH MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CAPEM MADIUN

Maureen Nila Riskiana, Satrijo Budiwibowo, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi karakteristik dan prinsip-prinsip syariah marketing dalam meningkatkan kepuasan nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Capem Madiun. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan Bank Muamalat Indonesia Capem Madiun telah mengimplementasikan karakteristik dan prinsip-prinsip Syariah Marketing pada semua aspek, namun ada beberapa aspek yang sama dalam pengimplmentasian aspek tersebut.

References


Al Arif, M. Nur Rianto. (2012). Dasar- Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung:

Alfabeta.

Indrawan, R & Yaniawati, R Poppy. (2014). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, Dan Pendidikan). Bandung: Refika Aditama.

Iva, Widya Isma. (2015). Analisis Implementasi Syariah Marketing (Studi Kasus di AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Syariah Semarang): Skripsi (yang diterbitkan), http://eprints.walisongo.ac.id, di unduh 8 Mei 2018).

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Mubarok, Nurul & Maldina, E. Y. (2017). Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista: (online). (jurnal.radenfatah.ac.id, diunduh 2 juli 2018).

Rahmawati, Dian S.A & Sa’ad, Syarif. (2017). Implementasi Syariah Marketing dalam Meningkatkan Kualitas Produk KPR Griya iB Hasanah (Studi Pada Bank BNI Syariah Cabang Yogyakarta): (online), (http://repository.umy.ac.id, diunduh 2 juli 2018). Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Bandung: Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methode). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter