PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI)

Bayu Sakti Nugraha, Elva Nuraina, Farida Styaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intellectual Capital terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi dan berfokus pada perusahaan subsektor makanan & minuman serta subsektor rokok. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan subsektor makanan&minuman serta rokok sebanyak 20 perusahaan dengan periode empat tahun selama 2012-2015. Penelitian ini menggunanakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan analisis jalur yang dilakukan dengan menggunakan regresi linier. Untuk mengetahui pengaruh mediasi dalam penelitian ini menggunakan tes sobel. Penelitian ini menguji pengaruh VAICTM terhadap PBV, VAICTM terhadap ROA, VAICTM dan ROA terhadap PBV. Hasil penelitian ini dengan menggunakan tes sobel menunjukan bahwa ROA dapat memediasi VAICTM dengan PBV.

Full Text:

PDF

References


Dhani I. dan Utama A. (2017), Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Stuktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.

Fahmi I. S.E., M.Si. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Fauzia & Amanah (2016), Pengaruh Intellectual Capital, Karakteristik Perusahaan dan Corporate Sosial Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan.

Fidhayatin S. dan Dewi N. (2012), Analisis Nilai Perusahaan, Kinerja Perusahaan dan Kesempatan Bertumbuh Perusahaan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing di BEI.

Firmansah A. & Suwitho (2017), Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen.

Ghozali A dan Hatane S, (2014) Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan Khususnya di Industri Keuangan dan Industri Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 – 2012.

Gulthon R., Agustina dan Wijaya S,(2013). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Wira Ekonomi Mikrosil

Halimah S. dan Komariah E. (2017), Pengaruh ROA, CAR, NPL, LDR, BOPO Terhadap Nilai perusahaan Bank Umum.

Hardiningsih P. (2009), Determinan Nilai Perusahaan.

Hariati I dan Rihatiningtyas Y. (2013), Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan.

Kusuma, Suhadak, Arifin Z.(2013), Analisis Pengaruh Profitabilitas (Profitability) dan Tingkat Pertumbuhan (Growth) Terhadap Stuktur Modal dan Nilai Perusahaan. (Studi pada Perusahaan Real Estate and Property yang terdaftar di BEI periode 2007-2011).

Marfuah & Ulfa M. (2014), Pemgaruh Intellectual Capital terhadap Profitabilitas, Produktifitas dan Pertumbuhan Perusahaan Perbankan.

Meidiawati K. dan Mildawati T. (2016), Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Stuktur Modal, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan.

Pertiwi T. dan Pratama (2012), Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage.

Prasetia T., Tommy P dan Saerang I. (2014), Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif yang Teraftar di BEI.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung : ALFABETA

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung : ALFABETA

Rachman N. (2016) Faktor- Faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Sektor Industri Food and Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2011- 2015.

Santoso, Djaelani & Destryanti (2017), Pengaruh Intellectual Capital terhadap Pertumbuhan, Nilai Pasar, Produktivitas dan Profitabilitas.

Sumarsih N. dan Mendra (2010), Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI.

Tjahjono M. (2013), Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan dan Kinerja Keuangan

Ulum I. MD. (2009). Intellectual Capital.Yogyakarta : Graha Ilmu

Welley M dan Untu V, (2015).Faktor- Faktor yang mempegaruhi Nilai Perusahaan di Sektor Pertanian Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013.

Wijarto W. (2011), Pengaruh Modal Intelektual dan Pengungkapan Modal Intelektual Pada Nilai Perusahaan.

Wijaya B. dan Sedana P. (2015), Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividend dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter