PENGARUH PENERAPAN CORPORATE GOVERNANCE DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA INDUSTRI PERBANKAN

Nurul Rofa’atin, Isharijadi Isharijadi, Farida Styaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan corporate governance dan kepemilikan manajerial terhadap kinerja keuangan pada industri perbankan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposif sampling dan data yang diperoleh sebanyak 44 perusahaan yang dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate governance berpengaruh terhadap kinerja keuangan perbankan. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perbankan. Corporate governance dan kepemilikan manajerial secara simultan berpengaruh terhadap kinerja keuangan perbankan.

Full Text:

PDF

References


Aprianingsih, A.& Yushita. A. N.(2016). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance, Struktur Kepemilikan,dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Jurnal Profita Edisi 4 Tahun 2016.

Fahmi, I. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hamdani.(2016). Good Corporate Governance. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Muryanto, Y, T. (2017).Tata Kelola BUMD (Konsep Kebijakan dan Penerapan Good Corporate Governance). Malang: Intrans Publishing.

Sabrinna, A, I. (2010).Pengaruh Corporate Governance Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan.Skripsi Ekonomi. Universitas Diponegoro

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung : ALFABETA.

Widagdo, D, O, K. & Chariri, A. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan. Diponegoro Jurnal Of Accounting. Vol, 3. No,3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter