PENGARUH LIKUIDITAS, WAKTU JATUH TEMPO,DAN KUPON OBLIGASI TERHADAP HARGA OBLIGASI KORPORASI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI

Yuliati Yuliati, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Likuiditas, Waktu Jatuh Tempo, Dan Kupon Obligasi Terhadap Harga Obligasi Korporasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI).Populasi dalam penelitian ini 400 obligasi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015, 2016 dan 2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sampel yang diperoleh sebanyak 31 obligasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan likuiditas berpengaruh positif terhadap harga obligasi korporasi karena, nilai likuid perusahaan yang semakin tinggi harga obligasi juga semakin tinggi. Waktu jatuh tempo berpengaruh negatif terhadap harga obligasi korporasikarena, nilai waktu jatuh tempo semakin rendah maka nilai harga obligasi juga semakin rendah kupon obligasi berpengaruh positif terhadap harga obligasi korporasi karena, semakin tinggi nilai kupon obligasi maka harga obligasi juga akan semakin tinggi.

Full Text:

PDF

References


Achmad, A., &Setiawan, G. (2007). Pengaruh Rating dan Kupon Terhadap Harga Obligasi (Studi Kasus Obligasi Kriterian Investasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Surabaya Tahun 2002-2006).Jurnal lmiah Rangga gading,Vol. 7, No. 2. Diunduh pada tanggal 17 juli 2018.

Anandasari, L.P.S.K., & Sudjarni, L.K. (2017). Pengaruh Likuiditas, Waktu Jatuh Tempo, Dan Kupon Terhadap Perubahan Harga Obligasi Korporasi di BEI.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.Jurnal Manajemen Unud, Vol.6, No.6. Diunduh pada tangga 06 Juni 2018.

Damena, H., Safiti, E., &Aprilia, E. (2010). Analisis Pengaruh Cupon (Bunga Obligasi), Jangka Waktu Jatuh Tempo, dan Likuidita sobligasi Terhadap Tingkat Perubahan Harga Obligasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal nominal. (online), (http://eprints.mdp.ac.id, diunduh pada tanggal 6 Mei 2018.

Purba, D.A. (2016). Analisis Pengaruh Likuiditas Obligasi, Waktu Jatuh Tempo dan Kupon Obligasi terhadap Harga Obligasi Korporasi di Bursa Efek Indonesia: (online), (http://digilib.unila.ac.id, diunduh pada tanggal 21 Mei 2018.

Reeve, J.M., Warren, C.S., Duchac, J.E., Wahyuni, E.T ., Soepriyanto. G., Jusuf A.A,.& Djhaman, C.D. (2010) Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Jakarta: Salemba 4.

Subagia, K.I &Sedana, P.B.I (2015).Analisis Pengaruh Likuiditas, Waktu Jatuh Tempo dan Kupon Obligasi Terhadap Perubahan Harga Obligasi Korporasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Unud, Vol .4, No. 5 (online) diunduh pada tangga l7 Juni 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter