PENGARUH CURRENT RATIO DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PERUSAHAAN MANUFAKTUR BEI

Irin Arian Wardani, Isharijadi Isharijadi, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio. CR dan DER dapat dijadikan pedoman bagi para investor dalam menilai kondisi keuangan perusahaan dan menentukan keputusan investasi agar dapat memaksimalkan dividen yang akan diterimanya. Penelitian selanjutnya disarankan menambah variabel lain misalnya ROE, ROA, dan lain-lain.

Full Text:

PDF

References


Afrina, T., & Triyonowati. (2014). Pengaruh Current Ratio, DER Dan ROA Terhadap DPR Perusahaan Rokok di BEI. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. 3 (9). Hal 1-18.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Jumingan. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Laili, M., Darmawan, N. A. S., & Sinarwati, N. K. (2015). Pengaruh Debt to Equity Ratio, Kepemilikan Manajerial, Return On Assets, Dan Current Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio. e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1). Hal 1-11.

Muhammadinah., & Jamil, M. A. (2015). Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover Dan Return On Asset Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. I-Economics Journal. 1 (1). Hal 1-21.

Pramita, F., & Oetomo, H. W. (2013). Pengaruh Cash Ratio, ROA, Dan Growth Of Company Terhadap Dividend Payout Ratio. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. 2 (4). Hal 1-15.

Rahayuningtyas, S., Suhadak, & Handayani, S. R. (2014). Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) (Studi Pada Perusahaaan Yang Listing Di BEI Tahun 2009-2011). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 7 (2). Hal 1-9.

Rahman, A., Agusti, R., & Rofika. (2015). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, Keputusan Investasi Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jom FEKON. 2 (2). Hal 1-15.

Pamungkas, N., Rusherlistyani., & Janah, I. (2017). Pengaruh Return On Equity, Current Ratio, Earning Per Share Dan Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan. 1 (1). Hal 34-41.

Susetyo, A. (2017). Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Dan Total Assets Turnover Terhadap Return On Asset Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Jakarta Islamic Index. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. 2 (01). Hal 130-142.

Ulfa, L. M., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan, Asset Growth Dan Firm Size Terhadap Dividen Payout Ratio. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5 (5). Hal 1-16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter