EKSPLORASI PENERAPAN METODE READING GUIDE MELALUI PLATFORM LET’S READ ASIA

Jesika Stevani, Elly Astuti

Abstract


Dalam konteks pendidikan, penerapan budaya literasi menjadi hal yang paling penting. Dengan penguasaan literasi yang baik peserta didik akan mudah memahami materi yang dijelaskan serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. SD N 01 Kanigoro merupakan salah satu sekolah di Kota Madiun yang memiliki tingkat literasi yang kurang. Sehubungan dengan adanya program Kampus Mengajar Angkatan 6 maka muncul sebuah “Aksi Gerakan Literasi” dengan fokus utama meningkatkan minat baca peserta didik melalui media digital Let’s Read Asia. Metode yang diterapkan yakni Reading Guide. Metode tersebut mengharuskan peserta didik untuk membaca, memahami isi bacaan serta menjawab soal berdasarkan cerita yang telah dibaca. Setiap kali berhasil menjawab pertanyaan, peserta didik akan mendapatkan poin. Reward diberikan kepada peserta didik dengan poin tertinggi. Hasil Gerakan Literasi ini adalah meningkatnya minat baca peserta didik yang berpengaruh daya tangkap peserta didik terhadap materi pembelajaran, selain itu peserta didik akan lebih cakap menggunakan teknologi

References


Agnes, M. (2022). Pengaruh Metode Stroytelling Terhadap Minat Baca Siswa. SNHRP, 4, 1045–1051. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/431

Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Elgini, N. B. (2023). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Salang Kabupaten Simeulue. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26632/

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178–186. https://doi.org/10.24198/FOCUS.V2I2.26235

Fuadi, M. T. (2019). Era Indrustri 4.0: Peran Guru Dan Pendidikan . Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unaya, 3(1), 979–988. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/1076

Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(1), 142–151. https://doi.org/10.25157/LITERASI.V6I1.7218

Jamun, M. Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54

Kusuma, W. M., Larasati, W., Risma, V. F., Sari, N., Violina, U., Agustin, S., & Pahlawan Tuanku Tambusai, U. (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(4), 132–138. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5180

Mariani. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Materi Akhlak Terpuji Melalui Model Pembelajaran Reading Guide Kelas XI OTP 4 UPT SMK Negeri 1 Sinjai. Repository.Uiad. https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/593/

Muhaiba, R., Aisy, R. R., Imaniyah, N., Sari, M. S., Agustina, D. S., & PGRI Bojonegoro, I. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dan Dampak terhadap Perkembangan Prestasi Siswa Kelas 1-6 SDN Gili Timur 1. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 329–337. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1056

Nurillahwaty, E. (2022). Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 81–85. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/309

Pritama, D. (2015). Studi Tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 1 Pengasih. Basic Education, 5(12), 1–10. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1136

Sari, W. R. F., & Gusthini, M. (2023). Analisis Strategi Penerjemahan Istilah Budaya pada Buku Cerita Anak dari Platform Let’s Read Asia. Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, Masyarakat, Dan Budaya, 3(1), 49–60. https://doi.org/10.33830/humaya.v3i1.4128

Sutomo, M. (2019). Penerapan Reading Guide Dalam Pembelajaran di Madrasah. Jurnal Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 134–149. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/auladuna/article/download/169/151/

Zainab, I., Jaya, G. B., & Artini, L. P. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Melalui Whatsapp Diary Writing. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 60–68. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter