PROSEDUR AKUNTANSI PENGAJUAN DAN PEMBAYARAN KLAIM JAMINAN HARI TUA PADA BPJS KETENAGAKERJAAN

Ridho Okta Isnuava, Isharijadi Isharijadi, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis Prosedur akuntansi untuk pengajuan dan pembayaran klaim jaminan hari tua badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan di kota Madiun. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan data studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi.“Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mekanisme sistem pengajuan klaim dan pembayaran klaim pada umumnya belum sesuai dengan peraturan yang ada. (2) Keefektifan sistem pengajuan klaim kurang efisien manfaatnya”(3) Komponen Sistem Pengendalian Internal di BPJS Ketenagakerjaan sudah berjalan baik dan saling berhubungan yang meliputi lingkungan pengendalian internal, penilaian resiko, aktivitas pengendalian internal, informasi dan komunikasi

Full Text:

PDF

References


Bahari, A. F., & Basalamah, J. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Customer Relationship Management Serta Dampaknya pada Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(1), 11-21.

Dady, F. (2017).Analisis Sistem Akuntansi Dan Prosedur Pembayaran Klaim Jaminan Kematian Pada Pt. Taspen (Persero) Cabang Manado. Going Concern :Jurnal Riset Akuntansi, 12(01), 63-72.

Hidayah, LN, & Santoso, T. (2015). Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (Studi tentang penyediaan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan untuk tenaga kerja di Kantor BPJS Cabang Rungkut Surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik , 1 (01).

Imam A (2013) Evaluasi Sistem Akuntansi Pembayaran Klaim Jaminan Hari Tua pada PT Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta Tahun 2013, Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi 13 (04), 50-55

Indah F. (2019) Analisis Sistem Klaim Jaminan Hari Tua Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Morawa Studi Kasus Tenaga Kerja Pensiun dan Mengundurkan diri Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 10(02), 56-60

Kemenkes.2014. Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta

Mulyadi. 2016.Sistem Akuntansi (4th ed). Jakarta . Salemba Empat

Niah, NS (2016). Pelaksanaan Kebijakan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Di Kabupaten Jombang. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik , 2 (01).

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Cara dan Persyaratan

Purba, T. A. (2016). Pelaksanaan Program Keselamatan Kerja Sebagai Komponen BPJS Ketenagakerjaan DI PT. Madubaru PG Madukismo Yogyakarta.Jurnal Manajemen Bisnis, 6(1), 49-62.

Putri W, Lina M (2019) Implementasi Kebijakan Manfaat Jaminan Hari Tua di provinsi gorontalo. Going Concern :Jurnal Riset Akuntansi, 11(03), 45-50

Riah, J. (2020). Analisis Sistem Akuntansi Pembayaran Klaim Jaminan Hari Tua Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Makassar. Economics Bosowa, 4(004), 102-116.

Rosyadi, F. (2017). Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Puskesmas Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik , 3 (1).

Sholiha, A. F., & Warsono, H. (2018).Analisis Kualitas Pelayanan Program Jaminan hari Tua Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Ungaran. Journal Of Public Policy And Management Review, 7(4), 180-191.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter