Apakah Metode Biaya Relevan Serelevan Namanya? : Penerapan Biaya Relevan untuk Meningkatkan Laba dalam Pengambilan Keputusan Meneruskan atau Menghentikan Produksi (Studi Kasus UMKM Pengolah Tahu)

Sura Klaudia

Abstract


Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan ialah metode biaya relevan. Biaya relevan yang timbul akan dianalisis dengan melihat kondisi dimana biaya-biaya yang ditimbulkan oleh segmen tertentu dalam perusahaan cukup besar tetapi tidak mendapatkan hasil yang optimal sehingga harus ditutup. Tetapi sebaliknya jika segmen lain memerlukan biaya yang kecil dan dapat memenuhi target perusahaan maka segmen tersebut layak untuk dipertahankan.
Tujuan penelitian ini ialah untuk menerapkan metode biaya relevan yang dapat digunakan sebagai salah satu metode pengambilan keputusan diperusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian evaluasi dan merupakan penelitian kuantitatif.
Penelitian menghasilkan bahwa apabila meneruskan produksi tahu hasil biaya relevan naik dan laba turun yang berarti keputusan harus dihentikan produksi tahu, sedangkan menghentikan produksi tahu didapat hasil biaya relevan turun dan laba naik yang keputusannya diteruskan yang artinya menghentikan produksi tahu. Tetapi terlihat laba yang besar apabila menghentikan produksi. Selisih laba mencapai 1M jika menghentikan produksi.
Hal ini yang menjadikan penghitungan biaya relevan peneliti rasa kurang relevan sehingga bisa dikatakan biaya relevan tidak serelevan namanya. karena hasil yang didapat dalam penelitian tidak mampu memutuskan secara langsung pengambilan keputusan yang tepat diambil oleh UMKM Tahu.

Full Text:

PDF

References


Bahri, Syaiful.2015. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Deviden, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Arus Kas Besar (Free Cash Flow) Terhadap Kebijakan Hutang. Jurnal PETA, Vol 2 No 2, 1-21.

Garrison, Ray. Eric Noreen. Peter Brewer. 2013. Akuntansi Manajerial. Salemba Empat:Jakarta

Halim,Abdul.Bambang Supomo.Syam Kusufi.2012.Akuntansi Manajemen.BPFE :Yogyakarta

Handoko, Hani. 2011. Dasar-Dasar Manajmen Produksi Dan Operasi. BPFE :Yogyakarta

Hansen, Dor. Mowen, Maryanne. Akuntansi Manajerial. Salemba Empat:Jakarta

Kasmir.2008.Pemasaran Bank.Kencana:Jakarta

Mu’awanah.2015.Analisa Penerapan Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Untuk Peningkatan Laba Perusahaan Pada UD Kang Kabayan.UIN Malang:Malang

Prawironegoro, Darsono. Ari Purwanti. 2009. Akuntansi Manajemen Edisi Ketiga.Mitra Wacana Media:Jakarta

Syamsi,Ibnu. 2009. Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi.Bumi Aksara:Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter