PENGARUH PRODUK BTPN WOW DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL, TBK CABANG MADIUN

Ulva Septiani Sutrisno, Supri Wahyudi Utomo, Elva Nuraina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk BTPN WOW dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Cabang Madiun. Penelitian ini dilakukan pada nasabah BTPN WOW di Madiun. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 121 responden, dengan metode non-probability sampling, yaitu insidental sampling dan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis regresi berganda dan berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa produk BTPN WOW berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kemudian citra perusahaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. BTPN, Tbk Cabang Madiun. Secara simultan produk BTPN WOW dan citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di PT. BTPN, Tbk Cabang Madiun.

Kata Kunci : Produk BTPN WOW, Citra Perusahaan, Kepuasan Nasabah


Full Text:

PDF

References


Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Adisaputro, G. (2010). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiguna, R.A. (2009). Manajemen Pabrik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Harmelia, Liza. (2012). Pengaruh Nilai Nasabah, Kepercayaan dan Kualitas Layanan E-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Cabang Medan Gatot Subroto,

Hidayat & Firdaus. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan, Citra Perusahaan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan: (Studi Pada Pelanggan Telkom Speedy di Palangkaraya), 2 (3), 243.

Umar Husein. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Cetakan ke-11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2000). Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kriyantono, Rachmat. (2012). Public Relation Writing. Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Jakarta: Kencana.

Kotler, P. dan Lee, N. (2007). Pemasaran di Sektor Publik. Bandung: PT. Macana Jaya Cemerlang.

———dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyaningsih, A. L & Suasana. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank OCBC NISP di Denpasar, 5 (1), 8.

Munthe & Sari. (2013). Survey Kepuasan Konsumen Terhadap Pemanfaatan Layanan E-Banking pada Bank- Bank Umum di Kota Medan, 1 (12), 53.

Murwani, J., Utomo, S. W., & Jayanti, W. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan di Kabupaten Ngawi, Jurnal Asset. 5 (1), 60.

Noor Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana.

Priyatno Duwi. (2010). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Cetakan Pertama. Yogyakarta: MediaKom.

——————. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gava Media.

Rusdianto, H & Ibrahim, C. (2016). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating di Pati, 4 (1), 56.

Saputra. (2013). Kualitas Layanan, Citra dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan, 2 (3), 450.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

———. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sulistiyanto. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Perusahaan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pada Apotek “DELA” di Semarang, 6.

Susanto, B. A, (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa. Cetakan Ketiga. Malang: Bayumedia Publising.

——————. (2007). Manajemen Jasa. Edisi Empat. Yogyakarta: CV. Andi.

——————. (2014). Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi.

Yamit Zuliani,( 2001). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter