PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2015
Abstract
saham publik, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap
corporate social responsibility disclosure pada perusahaan perbankan
yang terdaftar di BEI periode 2012-2015. Teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh
sampel 13 perusahaan dengan data yang diobservasi berjumlah 52
laporan. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan, laporan
tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan. Teknik analisis
data dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kepemilikan saham publik, ukuran
perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate
social responsibility. Profitabilitas dengan proksi ROA berpengaruh
positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social
responsibility. Secara simultan kepemilikan saham publik, ukuran
perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap
pengungkapan corporate social responsibility.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Cheng, M & Christiawan, J. (2011). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social
Responsibility Terhadap Abnormal Return. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan,
(1), 24-36.
http://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/viewFile/1823
/18104. diunduh 15/02/2017 pukul 11:04 WIB
Daud, R & Amri, A. (2008). Pengaruh Intellectual Capital Dan Corporate Social
Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada
Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Telaah & Riset
Akuntansi, 1 (2), 213-231.
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/TRA/article/view/304.
diunduh 14/02/2017 pukul 6:25 WIB
Fajar, M. (2013). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Di Indonesia. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang :
Undip
Global Reporting Initiative (Pedoman Penilaian GRI) tahun 2013
Handriyani, N. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai
Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal
Ilmu & Riset Akuntansi, 2 (5).
https://ejournal.stiesia.ac.id/jira/article/view/124.
diunduh 24/01/2017 pukul 12:34 WIB
Hasan dan Andriany. (2015). Pengantar CSR Sejarah, Pengertian Dan Praksis. Yogyakarta
: Pustaka Pelajar
Indraswari & Astika. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan
Kepemilikan Saham Publik Pada Pengungkapan CSR. E-Jurnal Akuntansi
Universitas Udayana, 9 (3), 816-828.
http://erepo.unud.ac.id/2177/1/82ee4c38a14033421c8d5496678f040b.pdf
. Diunduh 15/02/2017 pukul 11:18 WIB
Indrawan dan Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan
Campuran. Bandung : Refika Aditama
Mardikanto, T. (2014). Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Korporasi).
Bandung : Alfabeta
Martono, N. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data
Sekunder. Jakarta : Raja Grafindo
Misbahuddin dan Hasan. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik Edisi Ke 2.
Jakarta : Bumi Aksara
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta : Kencana
Nussy, M. (2014). Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Perbankan Di
Indonesia. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 18 (2), 329-334. Diunduh pada
/08/2017 Pukul 11:33 WIB
Prasetya & Gayatri. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba
Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel
Intervening. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14 (1), 511-538.
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=411823&val=986&
title=PENGARUH%20UKURAN%20PERUSAHAAN%20TERHADAP%2
MANAJEMEN%20LABA%20DENGAN%20PENGUNGKAPAN%20CO
RPORATE%20SOCIAL%20RESPONSIBILITY%20SEBAGAI%20VARIABE
L%20INTERVENING. Diunduh 15/02/2017 pukul 11:16 WIB
Priyatno, D. (2013). Analisis Korelasi, Regresi Dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta :
Gava Media
Purba & Yadnya. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap
Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E Jurnal
Manajemen Unud, 4 (8), 2428-2443. Diunduh tanggal 11/08/2017 pukul
:13 WIB
Rindawati, W. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan
Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4 (6).
https://ejournal.stiesia.ac.id/jira/article/viewFile/927/878. diunduh
/02/2017 pukul 5:32 WIB
Rosdwianti, Dzulkirom & Zahroh. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR)
Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Sektor Industri Barang
Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014).
Jurnal Administrasi Bisnis, 38 (2).
https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article
/download/1504/1887. Diunduh 19/02/2017 pukul 5:38 WIB
Rustiarini. (2010). Pengaruh Corporate Governance Pada Hubungan Corporate Social
Responsibility Dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII.
Purwokerto : Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
http://asp.trunojoyo.ac.id/wpcontent/
uploads/2014/03/AKPM_12.pdf. diunduh 24/01/2017 pukul
:30 WIB
Sha, L. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas,
Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada
Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Akuntansi, 18 (01),
-98.
http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/jakt/article/viewFile/215
/1897. Diunduh 15/02/2017 pukul 11:19 WIB
Sholihah & Nuraina. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Indeks Terhadap
Kinerja Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Infrastruktur, Utilitas, Dan
Transportasi Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia). Assets: Jurnal
Akuntansi Dan Pendidikan, 2 (2), 105-119.
Suharto, E. (2010). CSR & COMDEV Investasi Kreatif Perusahaan Di Era Globalisasi.
Bandung : Alfabeta
Susiloadi, P. (2008). Implementasi Corporate Social Responsibility Untuk Mendukung
Pembanguan Berkelanjutan. Spirit Publik, 4 (2), 123-130.
http://webfisip.fisip.uns.ac.id/journal/sp4_2_priyanto.pdf. Diunduh
tanggal 7/07/2017 pukul 09:20 WIB
Sutikno, F. (2014). Pengaruh Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap
Manajemen Laba Di Industri Perbankan Indonesia. Jurnal ilmu & riset
akuntansi, 3 (10), 1-18. Diunduh 15/02/2017 pukul 11:18 WIB
Ujiyantho, M & Pramuka, B. (2007). Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba
dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Go Publik Yang Terdaftar
di BEI). Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar : Unhas.
https://datakata.files.wordpress.com/2015/01/akpm-01.pdf. Diunduh
tanggal 7/07/2017 Pukul 10:37 WIB
Undang-undang Nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan
Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan
Lingkungan Hidup (UU PPLH)
Untung, H. (2008). Corporate Social Responsibility. Jakarta : Sinar Grafika
Wulandari, R & Putri, D. (2014). Pengaruh Informasi Laba Akuntansi Dan Informasi
Corporate Social Responsibility Pada Return Saham. E-Jurnal Akuntansi
Universitas Udayana, 7 (2), 462-476.
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/8943/6724.
Diunduh 15/02/2017 pukul 11:03 WIB
Yuliana, Purnomosidhi & Sukoharsono. (2008). Pengaruh Karakteristik Perusahaan
Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dan
Dampaknya Terhadap Reaksi Investor. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan
Indonesia, 5 (2).
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=144566&val=1200
&title=PENGARUH%20KARAKTERISTIK%20PERUSAHAAN%20TERH
ADAP%20PENGUNGKAPAN%20CORPORATE%20SOCIAL%20RESPO
NSIBILITY%20(CSR)%20DAN%20DAMPAKNYA%20TERHADAP%20RE
AKSI%20INVESTOR. Diunduh 14/02/2017 pukul 11:35 WIB
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.