UPAYA MENINGKATKANKREATIVITASDAN HASIL BELAJAR AKUNTANSIMENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DENGAN TEKNIK REWARD

Agus Budi Basuki, Supri Wahyudi Utomo, Juli Muwarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan
hasil belajar akuntansi melalui penggunaan strategi Index Card
Match dengan teknik reward pada siswa kelas XII IIS 2 MAN 2
Madiun tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa
kelas XII IIS 2 MAN 2 Madiun yang berjumlah 34 siswa. Objek
penelitian ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi dalam kelas
XII IIS 2 selama berlangsungnya proses pembelajaran.
Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes,
wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik untuk
menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data atau
sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan,
ditemukan bahwa penerapan strategi index card match dengan
teknik reward dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar
akuntansi pada siswa kelas XII IIS 2 MAN 2 Madiun tahun ajaran
2016/2017.

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas; Kreativitas; Hasil
Belajar; Index Card Match; Reward

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Ching, GS. 2012. Looking Into the Issues of Reward and Punishment in Students. International Journal of Research Studies in Psychology Vol. 1 No. 2.

Latief, F A W. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Joyful Learning Berbantu dengan Humor untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi pada Kelas XI IPS 3 MAN 2 Madiun Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardiyasmo. 2007. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatifdan Menyenangkan). Bandung: PT. RejamaRosdakarya.

Mustolikh. 2010. The Improvement of Students’ Understanding AboutSocology Materials by Using Index Card Match Strategy. Educare International Journal for Educational Studies Vol. 2 No. 2.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Pertiwi, SP., Sedanayasa, G., Antari, NNM. 2014. Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Pemberian Reward untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan Tahun Ajaran 2013/2014. E-journal Undiksa Jurusan

Bimbingan Konseling Vol. 2 No. 1.

Prawestri, A D., Sukirman.,Muchsini, B. 2015.

UpayaMeningkatkanKreativitasdanHasilBelajarAkuntansiMenggunakan Model Joyful Learning.Jurnal Tata Arta Vol. 1 No. 1.

Silberman, ML. 2009.Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Sofyan, Syafri. 2003. Teori Akuntansi. Jakarta: Raspindo.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Sudjiono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

Suwandi, S. 2009. Mode Asessmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Thobroni, M., Mustofa, A. 2013. Belajar dan Pembelajaran (Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentangGuru danDosen

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi (Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program NasionalPemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Teks). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Wulandari, M., Djaja, S., Suharso, P. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi pada Materi Jurnal Penyesuaian. JurnalEdukasi UNEJ Vol. 1 No. 2.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter