HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK PSM 2 KAWEDANAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tria Nofitasari, Supri Wahyudi Utomo, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
hubungan metode pembelajaran problem based learning terhadap
hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di
SMK PSM 2 Kawedanan tahun pelajaran 2016/2017.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi, kuesioner. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan
antara metode problem based learning terhadap hasil belajar siswa
kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMK PSM 2 Kawedanan
tahun pelajaran 2016/2017, dikarenakan mampu berfikir kritis
yaitu kemampuan berpendapat, mampu memecahkan masalah
dengan cara mencari ide untuk keluar dari masalah, berinisiatif
dalam peningkatan pengetahuan serta bekerja dalam kelompok.

 

Kata Kunci : Metode Problem Based Learning; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian untuk Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo, W. (2004). Metodologi Penelitian.Jakarta: PT Grasindo.

Huda.M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Ngalimun. (2016). strategi Dan model Pembelajaran.Yogyakarta: aswaja Pressindo.

nurcholish. A dan Zainal. A. ( 2016). Pengaruh inquiri learning dan problem based

learning terhadap hasil belajar PKKR ditinjau dari motivasi belajar ditinjau

dari motivasi belajar. 6. No. 1.http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv.

Purwanto.(2011). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rizema.(2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Jogjakarta: Diva

Press.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu

Perlu.Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2008). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2015). Statistic Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Warsono. (2012). Pembelajaran Aktiv.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ratnajuwita, Wibowo, B. S. & Murwani, J. (2015). Perbedaan Prestasi Belajar

Akuntansi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe

Snowball Throwing Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri

Wungu. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 4(1)73-75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter