HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK PSM 2 KAWEDANAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
hubungan metode pembelajaran problem based learning terhadap
hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di
SMK PSM 2 Kawedanan tahun pelajaran 2016/2017.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi, kuesioner. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan
antara metode problem based learning terhadap hasil belajar siswa
kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMK PSM 2 Kawedanan
tahun pelajaran 2016/2017, dikarenakan mampu berfikir kritis
yaitu kemampuan berpendapat, mampu memecahkan masalah
dengan cara mencari ide untuk keluar dari masalah, berinisiatif
dalam peningkatan pengetahuan serta bekerja dalam kelompok.
Kata Kunci : Metode Problem Based Learning; Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian untuk Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Gulo, W. (2004). Metodologi Penelitian.Jakarta: PT Grasindo.
Huda.M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Ngalimun. (2016). strategi Dan model Pembelajaran.Yogyakarta: aswaja Pressindo.
nurcholish. A dan Zainal. A. ( 2016). Pengaruh inquiri learning dan problem based
learning terhadap hasil belajar PKKR ditinjau dari motivasi belajar ditinjau
dari motivasi belajar. 6. No. 1.http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv.
Purwanto.(2011). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rizema.(2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Jogjakarta: Diva
Press.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu
Perlu.Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2008). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
________. (2015). Statistic Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
________. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Warsono. (2012). Pembelajaran Aktiv.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratnajuwita, Wibowo, B. S. & Murwani, J. (2015). Perbedaan Prestasi Belajar
Akuntansi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe
Snowball Throwing Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri
Wungu. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 4(1)73-75.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.