PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS XI

Retno Diah Kusuma Ningrum, Supri Wahyudi Utomo, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Akuntansi Kelas XI di SMK PSM 2 Kawedanan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan pada siswa akuntansi kelas XI di SMK PSM 2 Kawedanan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi sebanyak 65 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda.

 

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta.P

Aisyah. (2010). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Agresivitas Anak.

Jurnal MEDTEK (Online). 2 (1), 1-7

(http://unm.net/medtek/jurnal_Medtek_Vol.2.No 1_April_2014, diunduh 2 Mei

.

Arikunto, S. (2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PenerbitRineka

Cipta.

Arumsari, D. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Keterampilan Pengelolaan

Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 5 Madiun.Assets: Jurnal

Akuntansi dan Pendidikan Vol 6 No. 1

Dalyono.(2009).Psikologi Pendidikan.Bandung: Penerbit RefikaAditama.

Djamarah, Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PenerbitRineka Cipta.

Priyatno. (2009). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS

dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Maghfuroh.(2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Anak SDN 1

Kabalan Kecamatan Kantor Kabupaten Bojonegoro. SURYA (Online). 2 (18) 59-68

(stikesmuhla.ac.id.jurnal-lilis,diunduh tanggal 5 Mei 2017).

Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit

PT Bumi Aksara.

Slameto.(2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.Jakarta: PenerbitRineka

Cipta.

Sugiyono, (2014).Statistik untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA

.Thaib, Eva. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal

ilmiah DIDAKTIKA (Online). 13 (2), 384-399 (http://jurnal. Ar-raniry.ac.id/index

,php/didaktika/article/view/485, diunduh tanggal 3 Mei 2017).

Ilahi T.(2013).Quantum Paranting:Kita Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif Dan Cerdas.

Jogyakarta:PenerbitKATAHATI.

Yana dan Nurjanah.(2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah

Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Edunomic (Online). 2 (1) 1-9(http://www.fkipunswagati.

ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/viewFile/30/29, diunduh tanggal 10

Mei 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter