PENGARUH KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM TIRTA TAMANSARI KOTA MADIUN

Arik Setiawan Wibowo, Satrijo Budi Wibowo, Nik Amah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari kompensasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis hubungan kausal. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi linear yang meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, serta uji hipotesis (uji statistik t dan uji statistik F). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kompensasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun (2) budaya organisasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap  kinerja karyawan PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun (3) terdapat pengaruh secara simultan kompensasi dan Budaya organisasi terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci: Kompensasi; Budaya Organisasi; Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

References


Bangun Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Darodjat, Tubagus Achmad. 2015. Konsep-konsep Dasar Manajemen Personalia Masa Kini. Bandung: PT Refika Aditama

M Nur Isna D , Rodhiyah, dan Sendhang Nurseto. 2012. Pengaruh Kompensasi dan Ligkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Bagian Operasi Terminal PT. (ersero) Pelindo III Terminal Petikemas Semarang). Jurnal Penelitian.

Usman Fauzi. 2014. Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Trakindo Utama Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis.

Wibowo. 2013. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Wartini, Siti. 2012. ASSET Jurnal Akuntansi dan Pendidikan : ANALISIS KINERJA ORGANISASI MELALUI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI. eJournal.unipma.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter