ANALISIS HUBUNGAN MARGIN KONTRIBUSI SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA PADA INDUSTRI GAMELAN MARGO LARAS KAUMAN MAGETAN PERIODE 2014-2016

Dian Ratna Rusmala Dewi, Satrijo Budiwibowo, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan margin
kontribusi sebagai alat bantu perencanaan laba. Populasi dalam
penelitian ini adalah data penjualan dan laporan laba rugi pada
tahun 2014 hingga tahun 2016 pada industri gamelan Margo
Laras. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah data
penjualan dan laporan laba rugi yang terjadi pada tahun 2014
hingga tahun 2016 pada industri gamelan Margo Laras. Metode
analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi
product moment serta metode least square. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa adanya hubungan margin kontribusi sebagai
alat bantu perencanaan laba. Dengan hasil perhitungan margin
kontribusi tingkat laba yang tertinggi pada tahun 2015 yaitu
sebesar Rp227.272.600, hal ini disebabkan pada tahun tersebut
industri gamelan Margo Laras melakukan ekspor ke luar negeri.
Sehingga besarnya nilai margin kontribusi akan mempengaruhi
besarnya laba yang diperoleh perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kamaruddin. (2015). Akuntansi Manajemen Dasar-Dasar Konsep Biaya dan

Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Adisaputro, Gunawan., dan Anggarini, Yunita. (2011). Anggaran Bisnis, Analisa,

Perencanaan, dan Pengendalian Laba. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

A.Raiborn, Cecily., R.Kinney, Michael. (2011). Akuntansi Biaya Dasar dan

Perkembangan Cost Accounting. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: rineka

Cipta.

Bustami, Bastian. Nurlela. (2006). Akuntansi Biaya Tingkat Lanjut: Kajian Teori dan

Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Garrison., Norren., Brewer. (2016). Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Hansen. Mowen. (2005). Management Accounting. Jakarta: Salemba Empat

Krismiaji. Aryani, Y Anni. (2011). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta:YKPN.

Malombeke, Merry Beatrix. (2013). Analisa Break-Even-Point Sebagai Dasar

Perencanaan Laba Holland Bakery Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 1 (03),

-817.

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi. Jakarta: Kencana.

Sihombing, Selfinta B. (2013). Analisis Biaya-Volume-Laba Sebagai Alat Bantu

Perencanaan Laba PT. Bangun Wenang Beverages Company. Jurnal EMBA, 1

(03), 181-188.

Silvina, Firdayanti., Sudjana, Nengah., Wijono, Topo. (2014). Analisis Contribution

Margin Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Produk Dalam Rangka

Memaksimalkan Laba (Studi Pada Perusahaan Timbangan X Kota Malang).

Jurnal Administrasi Bisnis, 15 (02), 1-7.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Wibowo, Satrijo Budi. (2012). Analisis Estimasi Cost-Volume-Profit (Cvp) Dalam

Hubungannya Dengan Perencanaan Laba Pada Hotel Tlogo Mas Sarangan.

Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 1 (01), 13-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.