ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MADIUN

Andarika Mega Kurniasari, Purweni Widhianningrum, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
efektivitas dan kontribusi penerapan pajak reklame dalam
meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Madiun tahun
2014 dan 2015. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa laju pertumbuhan pajak reklame pada tahun 2014 dan 2015
memiliki rata-rata sebesar 0,89%. Analisis kontribusi pajak
reklame terhadap pendapatan asli daerah rata-rata sebesar 1,75%.
Kontribusi pajak reklame dinyatakan masih kurang disebabkan
ada pajak-pajak lain yang lebih besar penerimaannya seperti pajak
penerangan jalan dan pajak bea perolehan hak atas tanah dan
bangunan. Analisis efektivitas pajak reklame pada tahun 2014 dan
2015 memiliki rata-rata sebesar 103,84% di mana nilai tersebut
berada dalam kriteria sangat efektif. Nilai efektivitas tersebut
dirasa cukup untuk memberikan sumbangan bagi pendapatan asli
daerah, hal ini dikarenakan upaya yang dilakukan oleh Badan
Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Madiun berupa pengadaan
sosialisasi, menggali potensi baru, serta melakukan pendataan
terhadap wajib pajak.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, A dan Payamta. (2015). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Investasi

Pemerintah Dan Angkatan Kerja Terhadap Produk Domestik Regional Bruto

Kabupaten/Kota Di Jawa. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 4 (1), 37-52.

Atteng Jovanly.,Sareang David., & Mawikere Lidya. (2016). Analisis Efektivitas Dan

Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kota Menado

Tahun 2011-2015. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16 (04), 47-58.

Dewi Winda Rufiana.,Djudi Mochhammad., & Nuzula Nila Firdausi. (2016).

Kontribusi Pajak Hotel dan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan

Asli Daerah. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 10 (1), 1-8.

I Made Budi Arsana. (2013). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pajak Reklame Serta

Prospeknya Di Kabupaten Badung. E-Jurnal EP Unud, 2 (4), 190-199.

The 9th FIPA FORUM ILMIAH PENDIDIKAN AKUNTANSI

VOL 5 NO 1 OKTOBER 2017 HLMN. 120-131

Kobandaha Rezlyanty & Wokas Heince. (2016). Analisis Efektivitas, Kontribusi Dan

Potensi Pajak Reklame Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota

Kotamobagu. Jurnal EMBA, 4 (1), 1461-1472.

Kustiyah Eny & Suryani. (2014). Efektivitas Pajak Reklame Terhadap Peningkatan

Pendapatan Asli Daerah Di Kota Surakarta. Jurnal Paradigma, 12 (02), 197-226.

Lamia Alfan.,Sareang David., & Wokas Heince. (2015). Analisis Efektivitas Dan

Kontribusi Pemungutan Pajak Restoran, Pajak Reklame, Dan Pajak Penerangan

Jalan Pada Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Berkala

Ilmiah Efisiensi, 15 (05), 788-799.

Mahmudi. (2016). Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Yogyakarta: UPP STIM

YKPN.

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Priantara. (2013). Perpajakan Indonesia Edisi Revisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Reniati. (2013). Kreativitas Organisasi & Inovasi Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rizki. (2016). Pajak Reklame Dan Perhitungannya, dari

https://www.cermati.com/artikel/pajak-reklame-apa-itu-dan-bagaimanaperhitungannya.

Soebechi, Imam. (2013). Judical Review Perda Pajak Dan Retribusi Daerah. Jakarta: Sinar

Grafika.

Stevani. (2016). Pembangunan Madiun Fokus peningkatan Infrastruktur dan Ekonomi, dari

http://jatim.antaranews.com/lihat/berita/173495/pembangunan-madiunfokus-

peningkatan-infrastruktur-dan-ekonomi.

Sulistiyoningsih & Idayati Farida. (2014). Kontribusi Pajak Reklame Dalam

Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset

Akuntansi, 3 (08), 1-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.