PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK PENGHASILAN BADAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA NGAWI

Tri Octha Prihatini

Abstract


Kemauan membayar pajak dalam membayar pajak dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal adalah kesadaran wajib pajak, sedangkan faktor eksternal adalah sanksi perpajakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan terhadap kemauan membayar pajak penghasilan badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ngawi. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 4.919 wajib pajak penghasilan badan yang masih aktif di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ngawi. Sampel yang terpilih sebanyak 357 responden dengan teknik Cluster Sampling (Area Sampling) di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemauan membayar pajak penghasilan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ngawi. Sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifkan terhadap kemauan membayar pajak penghasilan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ngawi. Secara bersama-sama (simultan) variabel kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak penghasilan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ngawi.   Dari hasil penelitian ditemukan bahwa sanksi perpajakan mempunyai pengaruh paling tinggi terhadap kemauan membayar pajak sedangkan kesadaran wajib pajak mempunyai pengaruh yang rendah daripada sanksi perpajakan karena masih banyak wajib pajak yang kurang mengetahui betapa pentingnya kesadaran membayar pajak bagi negara dan masyarakat, untuk mengatasi masalah tersebut yang harus dilakukan oleh pihak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ngawi adalah melakukan penyuluhan secara langsung dan tidak langsung terkait pentingnya kesadaran membayar pajak.
Kata kunci :  kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, kemauan membayar pajak

Full Text:

PDF

References


A.R. Djoko Purwito. 2011. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktik Untuk Bidang Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. Ngawi : LPM Universitas Soeryo Ngawi. Arthur j. Koew. et.al. 2011. Manajemen Keuangan Prinsip dan Penerapan. Terjemahan Markus Prihminto Widodo. Jakarta : PT.Indeks. Duwi Priyatno. 2013. Analisis Korelasi Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media. Farah Margaretha. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : PT. Dian Rakyat. Hendra Agus Wibowo dan Diyah Pujiati. “Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Dan Singapura (SGX)”. The Indonesian Accounting Review. Volume 1, No. 2, July 2011, pages 155 – 178. Hery. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT.Bumi Aksara. -------. 2015. Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan. Jakarta : PT.Buku Seru. I Made Sudana. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. Jakarta : Erlangga. Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Irham Fahmi. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung : Alfabeta. -------. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung : Alfabeta. Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta : Kencana. K.R. Subramanyam dan John J. Wild. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Sepuluh. Penerjemah Dewi Yanti. Jakarta : Salemba Empat. Mirsa Rizky. “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Prediksi Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013”. online pada http://eprints.dinus.ac.id/8894/. diunduh 11 Maret 2015 Jam 10:11 WIB. Samryn, L.M. 2012. Pengantar Akuntansi Mudah Membuat Jurnal Dengan Pendekatan Siklus Transaksi. Edisi Dua. Jakarta : Rajawali Pers. Siti Syarifah. “Pengaruh Rasio Leverage dan Profitabilitas Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 20102013”. online pada http://jurnal.umrah.ac.id/?p=3030. diunduh 05 November 2014 Jam 10:11 WIB.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan Kesepuluh. Jakarta : CV. Alfabeta. -------. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung : Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian dan Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Jakarta : Rireka Cipta. Suharsono dan Ana Retnoningsih. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Lux. Semarang : CV. Widya Karya. S. Munawir. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty. Syofian Siregar. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara. Tjiptono Darmadji dan Hendy M.Fakhruddhin. 2012. Pasar Modal Di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta : Salemba Empat. Winwin Yadiati. 2010. Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta : Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter